Sukabumi Update

CSR PLTU Jabar 2 Palabuhanratu Sukabumi, Benda Ini Bantu Identifikasi Penyu

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Pelayanan Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan mendapat bantuan dari PT Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu Operation and Maintenance Services Unit (OMU).  

Bantuan yang diserahkan berupa satu unit All Terrain Vehicle (ATV) kemudian 1000 keping alat tagging penyu dan juga penanaman 100 batang bibit pohon endemik berupa waru laut dan nyamplung. Bantuan ini merupakan pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Sumber Daya Lingkungan Program Kehati Konservasi Penyu dan Rehabilitasi lingkungan (Kopi Hideung). 

Penyerahan CSR ini dilaksanakan di balai pengawasan dan konservasi sumber daya kelautan dan perikana wilayah selatan Pangumbahan di Kampung Batunamprak RT 05/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/12/2020).

BACA JUGA: Pengunjung Karanghawu Sukabumi Temukan Penyu di Bibir Pantai

General Manager PT Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu OMU, Rolly, mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap konservasi penyu hijau Pangumbahan dan lingkungan sekitar konservasi.

Selain menyerahkan tagging penyu dan memberikan sebuah ATV, PT Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu Operation and Maintenance Services Unit (OMU) menanam pohon.

Rolly menyatakan, PLTU menyadari eksistensinya di Kabupaten Sukabumi dekat dengan kawasan konservasi penyu. Sehingga sebagai perusahaan energi yang bersahabat dengan lingkungan, merasa perlu mensupport, bersinergi dengan pihak pihak pengelola lingkungan. 

BACA JUGA: Dicibir Gara-gara Foto Injak Penyu, Petugas Balawista Karanghawu Sukabumi Minta Maaf

"Kami mendapatkan informasi bahwa penyu penyu yang selama ini mendarat di Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan tidak teridentifikasi dengan baik. Makanya kami berikan CSR berupa alat tagging penyu, selain itu ada satu unit ATV, " terangnya. 

Koordinator Satuan Pelayanan Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan, Ade Hendri Yunanto mengatakan merasa terbantu dengan adanya CSR dari PT Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu OMU. CSR tersebut bisa mendukung pengelolaan konservasi penyu dan lingkungan konservasi. 

BACA JUGA: Jual Beli Telur Penyu Marak! KKP Ungkap Lokasi Rawan Pencurian di Pantai Selatan Sukabumi

"CSR berupa alat tagging penyu, dimana penyu penyu yang selama ini mendarat di Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan atau habitat Pangumbahan Kabupaten Sukabumi akan diberi tanda, jadi nantinya akan teridentifikasi," katanya.

Ingat pesan ibu:  Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI