Sukabumi Update

3 Kemampuan yang Harus Dimiliki Mahasiswa Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa yang masih menempuh pendidikan diharapkan mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi apapun. Pasalnya, di era digital seperti saat ini banyak sekali tuntutan yang harus bisa diselesaikan oleh pekerja


Kemampuan yang dituntut kepada mahasiswa juga tidak hanya pengetahuan yang didapat oleh universitas tempatnya belajar. Rektor Universitas Paramadina, Didik J Rachbini mengatakan, mahasiswa juga diharapkan memiliki soft skill untuk bisa terjun ke dunia kerja.


Menurut Didik, kemampuan soft skill sangat penting terutama di era saat ini. Baginya, era digital akan membuat segala sesuatunya berubah dengan cepat. Jika mahasiswa tidak memiliki kemampuan untuk bisa beradaptasi, maka itu akan sangat berpengaruh.


“Sebab pertumbuhan ekonomi, lalu environmentnya yang berubah, pengetahuan saja tidak cukup, dibutuhkan skill lebih,” ungkap Didik dalam acara Peluncuran KFL Fellowship, Senin (31/10/2022), Seperti dilansir dari Suara.com.


Sementara itu, Didik juga menuturkan, terdapat beberapa kemampuan yang dinilai sangat penting di era saat ini. Beberapa kemampuan tersebut di antaranya:


1. Problem Solving


Menurut Didik, dengan perubahan cepat yang terjadi, segala kondisi bisa saja terjadi. Dalam menghadapi masalah tersebut, dibutuhkan kemampuan problem solving untuk bisa survive. Oleh sebab itu, menurutnya problem solving menjadi kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa untuk bisa bertahan di dunia kerja.


“Sekarang kondisi bisa kritis, dan itu akan terus berubah. Nah untuk menghadapi itu, mahasiswa diharapkan belajar dan diperkuat problem solving. Itu yang dibutuhkan sehingga mereka bisa menghadapi masalahnya,” jelas Didik.


2. Loyalitas


Kemampuan lain yang menurut Didik penting yaitu masalah loyalitas. Menurutnya, saat ini perusahaan akan sangat melihat para pekerja dari sisi loyalitas yang dimilikinya. Dengan kemampuan loyalitas tersebut, perusahaan akan melihat jika karyawan itu bertanggung jawab. Oleh sebab itu, loyalitas menjadi kemampuan yang butuh dimiliki mahasiswa saat ingin terjun ke dunia kerja.


3. Pengetahuan dan IT


Pengetahuan tentu menjadi skill dasar yang diperlukan untuk terjun ke dunia kerja. Namun, selain pengetahuan, dibutuhkan juga kemampuan IT terutama di era digital. Menurut Didik, pengetahuan dasar IT menjadi kemampuan yang cukup dicari di dunia kerja saat ini. Apalagi, hampir setiap perusahaan saat ini menggunakan teknologi digital.


Itu dia beberapa kemampuan khusus yang dinilai sangat cukup penting dicari perusahaan untuk bisa terjun ke dunia kerja. Oleh sebab itu, mahasiswa saat ini diharapkan dapat memiliki kemampuan-kemampuan tersebut.


Sumber: Suara.com


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah


Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI