Sukabumi Update

Hati-Hati Cacing Pada Kecoak! Jangan Pukul Sampai Isi Perutnya Keluar

SUKABUMIUPDATE.com - Kecoak merupakan serangga kecil yang sering mengganggu dan sangat tidak disukai oleh kebanyakan orang. Hewan berwarna coklat ini dinilai jorok dan menjijikan ketika terbang.


Dikutip dari Suara.com, namun, apakah kamu tahu jika kecoak tidak boleh dipukul? lalu bagaimana cara terbaik untuk mengusir kocak?


Biasanya, saat melihat kecoak seseorang akan membunuh dengan memukulnya menggunakan sepatu ataupun sandal. Dengan memukul kecoak, ini dinilai membuatnya cepat mati sehingga tidak memerlukan cara yang sulit.


Namun, rupanya cara membunuh kecoak dengan memukulnya justru berisiko menyebarkan cacing maupun kuman yang ada dalam serangga satu ini. Dalam sebuah akun Quora bernama Pratiwi Sudarsih menuliskan, membunuh kecoak dengan memukulnya adalah salah.


Ia menuliskan, lebih baik membunuh kecoak dengan semprotan cairan pembunuh serangga dan tetap menjaga kebersihan rumah. Rumah yang bersih dinilai tidak disukai kecoak sehingga serangga satu ini tidak muncul.


"Kalau mau dibunuh sebaiknya disemprot sama cairan Baygon atau rajin bebersih rumah," tulis akun Quora Pratiwi Sudarsih.


Lebih lanjut, ia menjelaskan alasan mengapa memukul kecoak adalah hal buruk. Hal ini karena satu tetes cairan di dalam tubuh kecoak mengandung banyak cacing yang berbahaya jika diinjak manusia.


"Awalnya saya juga menganggap sepele. Tapi semenjak melaksanakan praktikum mikrobiologi, membuat saya jadi anti kecoa. Lihat yang warna coklat itu cacingnya. Itu hanya setetes. Bayangin kalian bunuh kecoak terus isinya menyebar ke mana-mana," jelasnya sambil mencantumkan gambar hasil praktikumnya.


Lalu apakah cacing pada kecoak benar bisa masuk ke dalam tubuh?


Mengutip Alodokter, cacing yang terdapat pada kecoak pada dasarnya lebih mungkin masuk pada hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan lain-lain. Namun, hal ini juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti peradangan atau iritasi, serta alergi.


Tidak hanya itu, peradangan pada kulit ini kerap ditandai dengan rasa gatal, perih, kemerahan, atau juga kulit yang membengkak dan beruntusan. Bila pada permukaan tubuh kecoak terdapat banyak mikroorganisme berbahaya, maka kulit yang berkontak langsung dengan juga bisa mengalami infeksi.


Oleh sebab itu, untuk mengusir atau membunuh kecoak lebih baik tidak memukul ataupun menangkapnya dengan tangan telanjang. Seseorang dapat melakukan beberapa hal di antaranya.


  1. Rajin membersihkan rumah;

  2. Mengatur kelembaban rumah;

  3. Menggunakan pembasmi kecoak atau serangga (insektisida).


Bagaimana cara mengusir kecoak terbaik menurut Anda?


Sumber: Suara.com


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah


Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI