Sukabumi Update

Musim Sakit, Berikut 4 Bacaan Doa yang Bisa Dipanjatkan untuk Kesembuhan

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini tidak jarang menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Untuk umat muslim, selain ikhtiar pergi ke dokter saat sakit bisa juga memanjatkan beberapa doa untuk meminta kesembuhan pada Allah SWT.

Dilansir oleh Jogja.suara.com (Portal Suara.com) dari website NU online, Imam An-Nawwi dalam Kitab Al-Adzkar yang mengutip kehidupan Rasulullah SAW saat menjenguk sahabat yang sakit. 

Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan untuk orang sakit agar cepat diberi kesembuhan yang bisa kamu terapkan. 

1. Doa yang dianjurkan untuk dibaca sebanyak 7 kali dihadapan orang sakit agar cepat diangkat penyakitnya dan diberi kesembuhan. 

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

2. Doa untuk orang sakit selanjutnya adalah sesuai anjuran Rasulullah SAW untuk membaca doa ini kepada mereka yang merasakan nyeri sambil memegang bagian yang nyeri tersebut

Bismillah, (dibaca 3 kali).

Artinya: “Dengan nama Allah.”

A‘udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru, (dibaca 7 kali)

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan ku khawatirkan.”

3. Selanjutnya, diambil berdasarkan riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]). 

4. Doa untuk orang sakit selanjutnya adalah yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut ini.

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H])

Daftar doa untuk orang sakit di atas yang sesuai ajaran Rasulullah SAW bisa kamu share kepada teman-teman dan keluarga sehingga mendapatkan manfaat lebih.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Jogja.suara.com (portal Suara.com)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI