Sukabumi Update

Tips Selamat Dari Kerumunan Massa, Belajar dari Tragedi Kanjuruhan dan Itaewon

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Oktober 2022 terjadi beberapa tragedi yang memakan korban jiwa hingga ratusan orang disebabkan kerumunan massa dalam jumlah banyak.

Dilansir dari Tempo.co, Tragedi Kanjuruhan, hingga yang terbaru Tragedi di Itaewon, Korea Selatan adalah contoh kerumunan massa yang merenggut ratusan korban jiwa.

Sebagai salah satu tokoh publik yang aktif di media sosial, nama Ridwan Kamil seakan tak asing di telinga netizen Indonesia. Baru-baru ini, ia mengunggah tips selamat dari kerumunan yang ia unggah di akun instagramnya, yakni @ridwankamil.

Dalam video yang berdurasi 3 menit 10 detik itu, ia mengunggahnya dengan disertai penjelasan pada bagian caption.

“INGAT-INGAT DAN HAPALKAN VIDEO INI,

Cara-cara untuk selamat jika berada di lautan kerumunan yang membahayakan jiwa seperti kasus di Itaewon Korea, atau konser-konser atau apapun. Dan simak apa yang harus dilakukan jika kita jatuh dan terinjak-injak, agar kita selamat tidak kehabisan nafas.

Ini ilmu dari Paul Wertheimer,crowd safety expert dari Los Angeles melalui GMA.

Tag temanmu yang suka pergi ke acara-acara kerumunan besar seperti ini. Semoga bermanfaat,” Tulisnya.

Secara sederhana, Paul Wertheimer, dalam video tersebut menjelaskan, jika tidak ingin terjebak arus massa, kira harus selalu mempunyai rencana keluar dari kerumunan.

Paul menyebut kerumunan manusia sama seperti arus sungai, seseorang sangat sulit berjalan melawan arus kerumunan. Untuk keluar dari arus, bisa berjalan ke pinggir kerumunan dan mencari benda yang kokoh untuk berlindung.

Dalam menghadapi arus kerumunan, seseorang dapat menggunakan mobil, dinding, atau tiang penyangga untuk berlindung dibalik arus kerumunan yang padat tersebut.

Namun, saat berada di tengah-tengah kerumunan, Paul menyarankan untuk berdiri dengan kuda-kuda seorang petinju. Artinya, seseorang harus berdiri dengan kuda-kuda kaki melebar dan tangan menutupi area dada, terutama di sekitar jantung dan paru-paru. Alih-alih kaki yang sempit dan tangan turun ke bawah.

Kedua posisi tangan dan kaki ini pun memiliki perbedaan. Ini karena saat terdorong oleh kerumunan, orang dengan kaki melebar dan tangan di area dada lebih stabil hingga tak mudah jatuh dibandingkan dengan orang yang kakinya menyempit dan tangan tidak dalam posisi melindungi dadanya.

Posisi ini pun menguntungkan bagi seseorang yang terjatuh diantara kerumunan, karena secara otomatis kedua tangan akan menutupi area kepala dan tubuh bagian atas saat meringkuk. Yang sangat penting karena terdapat berbagai organ penting pada bagian tubuh ini.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co/Muhammad Syaifulloh

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI