Sukabumi Update

Doa Gerhana Bulan Total dan Amalan yang Dianjurkan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena alam langka Gerhana Bulan Total terjadi pada 8 November 2022, fenomena ini juga menjadi gerhana bulan terakhir di tahun ini.

Saat fenomena ini mulai berlangsung, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan yang dianjurkan salah satunya membaca doa gerhana bulan sesuai sunnah

Dilansir dari Suara.com, doa yang dipanjatkan merupakan bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT dan mengingat kebesaran Allah yang menciptakan fenomena gerhana bulan.

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat, dan bersedekahlah." (HR. Bukhari)

Ada banyak amalan yang dianjurkan dikerjakan saat terjadinya gerhana bulan

  • Mendirikan sholat gerhana
  • Memperbanyak bersedekah
  • Memperbanyak dzikir
  • Membaca doa gerhana bulan sesuai sunnah.

Berikut Suara.com telah merangkum panduan doa gerhana bulan sesuai sunnah Rasulullah yang bisa Anda amalkan saat terjadi Gerhana Bulan.

Panduan Doa Gerhana Bulan Sesuai Sunnah

"Alhamdulillah hamdan daaiman toohiron thoyyiban mubarokan fiih. Mil’ussamawati wa mil’ul ardhi wa mil’u maa baina huma, wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du. Ahaqqo maa qoolal abdu, wa kunna laka abdun."

Artinya: "Segala puji bagi Allah, pujian murni, baik dan diberkati-Nya. Yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi apa yang ada di antara mereka dan mengisi apa pun yang Anda inginkan. (Dia) yang paling berhak memanggil hamba dan kami semua adalah hamba."

Selanjutnya bacalah doa di bawah ini sebanyak tiga kali kemudian ucapkan hamdalah atau Alhamdulillah.

"Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami. Hilalu khairin wa rusydin."

Artinya, “Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk,” (dapat dilihat pada Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Lanjutkan dengan memperbanyak dzikir. Bacaan dzikir yang bisa dipanjatkan sebagai berikut.

“Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu Allahu akbar.”

Artinya: Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI