Sukabumi Update

Doa Ketika Melihat Orang Lain Terkena Musibah

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa Cianjur menyisakan luka mendalam untuk masyarakat di Jawa Barat khususnya untuk warga Cianjur dan Sukabumi.

Bencana alam yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 tersebut menyebabkan ratusan orang meninggal dunia, rumah rubuh, dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka.

Musibah memang tidak ada yang tahu kapan akan datang. Dan saat umat muslim yang melihat saudara-saudara kita tertimpa musibah dianjurkan untuk membacakan doa dibawah ini seperti merangkum dari mui.or.id.

Doa untuk Orang Lain yang Terkena Musibah

Inaa lillahi wainnaa ilaihi raaji’uun. Allahumma`jurnii fii mushiibati wa akhlif lii khairan minhaa.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah. Ya Allah, berilah kami pahala karena musibah ini dan tukarlah bagiku dengan yang lebih baik daripadanya,”

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang mukmin tertimpa musibah lalu dia membaca apa yang telah diperintahkan oleh Allah, (redaksi doa di atas), melainkan Allah menukar baginya dengan yang lebih baik.” (HR Muslim no 1525)

Doa lainnya, Imam Nawawi menyebutkan dalam kitabnya al-Adzkar, bahwa Rasulullah SAW mengajarkan Sayyidina Ali sebuah doa yang dibaca ketika menghadapi kesulitan ataupun bencana agar Allah SWT menghilangkan bencana tersebut. Doa yang dimaksud sebagai berikut :

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Mahapengasih dan Mahapenyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.” (Abu Zakariya an-Nawawi, al-Adzkar, Daarul Fikr, hal 123)

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI