Sukabumi Update

7 Hewan Peliharaan yang Memiliki Umur Panjang, Salah Satunya Bisa Hidup 100 Tahun

SUKABUMIUPDATE.com - Hewan peliharaan tidak semuanya mempunyai umur yang panjang, terkadang mereka juga memiliki umur pendek. Karena angka harapan hidup hewan yang berbeda-beda, banyak hewan yang akhirnya mati dan tidak dapat menemani sang pemiliknya dalam waktu yang lama.


Oleh karena itu, kita wajib mempertimbangkan memelihara hewan-hewan yang bisa berumur panjang. Dikutip dari Tempo.co yang dilansir The Spruce Pets, berikut adalah hewan peliharaan berumur panjang:


1. Kucing


Umur rata-rata kucing adalah sekitar 15 tahun, jadi dapat dikatakan kucing hidup lebih lama daripada sebagian anjing peliharaan. Kucing usia remaja atau bahkan satu di usia dua puluhan merupakan kucing yang masih sering terlihat. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi berapa lama kucing peliharaan bisa hidup, seperti gaya hidup, kesehatan, maupun perkembangbiakan kucing.


2. Anjing


Umur maksimal anjing terkadang bergantung pada jenisnya. Melansir American Kennell Club, umur rata-rata untuk ras anjing kecil berkisar antara 10-15 tahun dan ada beberapa ras yang hidup selama 18 tahun. Secara umum, anjing kecil hidup lebih lama daripada anjing besar. Sedangkan untuk anjing dengan ras medium atau sedang seperti Australian Shepherd memiliki umur rata-rata 10-13 tahun.


Di sisi lain, umur rata-rata untuk ras anjing besar adalah 8-12 tahun, termasuk anjing ras besar seperti German Shepherds, Golden Retriever, Labrador Retriever, Rottweiler, dan Doberman Pinschers, Great Danes, St. Bernard, dan Mastiff. Secara umum, ras raksasa cenderung hidup rata-rata 8-10 tahun, sedangkan ras anjing besar hidup 10-12 tahun.


3. Kuda


Banyak kuda hidup hingga lebih dari 30 tahun, jauh lebih lama daripada kucing atau anjing tertua sekali pun. Faktanya, banyak kuda hidup di atas usia 30 tahun dengan perawatan yang baik, yaitu beberapa kuda senior masih ditunggangi atau dikendarai dengan ringan.


4. Kura-kura


Beberapa spesies kura-kura dapat hidup 100 tahun atau lebih. Sejumlah spesies kura-kura air peliharaan yang umum dapat hidup hingga usia 40-an, meskipun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi berapa lama kura-kura peliharaan hidup. Umur kura-kura bergantung pada spesiesnya, makanannya, dan aspek lain dari lingkungan tempat ia tinggal.


5. Ikan Koi


Umur ikan koi dapat bervariasi tergantung kondisinya. Namun, perkembangbiakan ikan koi di luar Jepang dapat mencapai usia hingga 15 tahun, sedangkan umur ikan koi tradisional Jepang dapat hidup hingga 40 tahun.


6. Burung


Spesies burung sangat berkaitan dengan umur burung peliharaan. Burung dapat hidup untuk waktu yang cukup lama, contohnya seperti budgie dan cockatiel dapat hidup hingga 20 tahun di penangkaran asalkan kebutuhan mereka terpenuhi dan mereka dirawat dengan baik.


Ini berarti bahwa mereka akan memiliki umur yang jauh lebih pendek secara umum daripada jenis burung beo yang lebih besar lainnya, seperti macaw, yang dapat hidup selama hampir 100 tahun di penangkaran dalam kondisi optimal.


7. Kelinci


Umur kelinci erat kaitannya dengan perawatan yang diberikan oleh pemiliknya. Kelinci peliharaan dapat hidup hingga 7-10 tahun dengan perawatan serta kondisi kesehatan yang baik. Menurut Guinness World Records, kelinci tertua yang pernah hidup adalah kelinci liar bernama Flopsy, yang berusia sedikit lebih dari 18 tahun ketika dia meninggal.


Sumber: Tempo.co (Taufik Rumadaul) 


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI