Sukabumi Update

Jangan Panik! Inilah Tips Hadapi Gempa saat Berada dalam Gedung

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022), telah mengakibatkan bangunan rusak dan memakan ratusan korban jiwa.


Dilansir dari Tempo.co, walaupun gempa bumi di Indonesia sudah sering terjadi, masih banyak orang-orang yang bingung ketika dilanda gempa bumi.


Lalu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa Mengutip bpbd.bogorkab.go.id, bila berada di dalam gedung bertingkat dan sedang terjadi gempa, lakukan penyelamatan diri sebagai berikut:



  1. Menjauh dari jendela dan dinding luar.

  2. Tetap di dalam Gedung.

  3. Jangan gunakan elevator. Hal ini sebab listrik bisa saja padam dan sistem sprinkler bisa menyala sehingga bisa menimbulkan risiko lain yang berbahaya bila menggunakan elevator saat gempa terjadi.

  4. Bila terjebak, tetaplah tenang. Cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam. Cara ini dapat memudahkan mendapatkan pertolongan untuk menuju tempat berlindung yang lebih aman.


Mengutip laman pusatkrisis.kemkes.go.id, hal yang dapat dilakukan ketika gempa terjadi dan sedang berada dalam gedung yaitu jangan panik. Panik hanya akan membuat suasana menjadi gaduh. Setelah itu, cari perlindungan dengan berada di bawah meja atau  mebel yang kokoh hingga guncangan berhenti.


Bila memungkinkan, cari tempat aman yang dapat melindungi wajah dan kepala dengan menggunakan lengan lalu merapat pada bagian dalam atau tiang utama penyangga gedung. Hal ini untuk mencegah tertimpa reruntuhan bangunan.


Usahakan untuk menghindari kaca yang berisiko untuk pecah dan membahayakan. Tunggu hingga suasana kondusif saat guncangan berhenti dan keluar secara perlahan. Ingat, jangan gunakan elevator. Tetapi gunakan tangga darurat.


Sumber: Tempo.co (Novita Andrian)


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI