Sukabumi Update

Banyak Karyawan Kena PHK, Ini 5 Cara Mendukung Pasangan yang Kehilangan Pekerjaan

(Ilustrasi) Memberikan dukungan pada pasangan saat terkena PHK | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) saat ini banyak menimpa karyawan. Kehilangan pekerjaan tentu bukan suatu hal yang mudah.

Jika pasangan Anda kehilangan pekerjaan maka pastikan Anda mendukung mereka dengan cara yang benar. Saling mendukung bagi setiap pasangan tentu sangat penting.

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga dalam karier. Melansir dari Tempo.co, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung pasangan yang kehilangan pekerjaan.

1. Dengarkan keluh kesahnya

Sangat penting bagi Anda untuk mendengarkan pasangan. Anda harus fokus mendengarkan masalah mereka dan membiarkan mereka melampiaskan frustasi mereka terutama ketika pasangan di PHK. Anda tidak harus menjadi pemecah masalah, cukup menjadi pendengar yang baik dan biarkan mereka meringankan beban yang mereka rasakan di hati mereka.

2. Beri mereka waktu

Ketika pasangan dipecat atau diberhentikan dari pekerjaannya, perasaan itu sangat pribadi dan mempengaruhi harga diri Anda. Perasaan itu lebih buruk jika orang itu adalah tulang punggung atau seseorang yang sangat mandiri.

Beri orang itu waktu untuk menghilangkan perasaan tersengat itu. Mereka mungkin menunjukkan gejala seperti kesedihan dan butuh waktu untuk memprosesnya sehingga kesabaran Anda di sini adalah yang paling penting.

3. Tunjukan rasa empati

Ketika pasangan Anda kehilangan pekerjaan, Anda harus melakukan upaya khusus untuk tidak marah karena pengangguran satu orang mempengaruhi rumah tangga secara otomatis. Alih-alih menyalahkan mereka untuk apa pun, cobalah untuk bangkit pada kesempatan itu dan dengan empati.

4. Dorong pasangan mengeksplorasi diri

Sekarang setelah pekerjaan itu hilang, dorong pasangan Anda untuk melihat hikmahnya dan dorong gairah mereka. Jika mereka suka memasak, menggambar, seni dan kerajinan, berolahraga, menari, berlatih, atau pasangan Anda suka belajar bahasa baru.

Dorong mereka untuk mengeksplorasi kegiatan tersebut dan melihat bagaimana hal-hal tersebut dapat menjadi menguntungkan.

5. Berikan kekuatan

Kehilangan pekerjaan meninggalkan dampak yang sangat negatif dan perasaan yang melekat padanya bisa sangat menyedihkan. Anda sebagai pasangan dari orang yang baru saja kehilangan pekerjaan, harus menjadi dukungan emosional terbesar bagi mereka.

Ingatkan mereka tentang kekuatan mereka dan siapa mereka dan fakta bahwa mereka sangat mampu mencapai sesuatu begitu mereka menetapkan pikiran mereka untuk itu. Minta mereka untuk berlatih afirmasi setiap hari, duduk bersama mereka dan lakukan hal yang sama untuk mendorong mereka. Jangan menunjukkan belas kasihan, tapi berikan motivasi.


Sumber: Tempo.co (Times of India)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT