Sukabumi Update

Sering Tidur di Pagi Hari? Simak 6 Dampak Bahayanya Bagi Tubuh

Ilustrasi Tidur Pagi. | Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur adalah sebuah rutinitas yang mesti dilakukan supaya tubuh beristirahat dan bisa kembali segar. Kebutuhan tidur memang dibutuhkan oleh setiap orang dan waktu tidur biasanya tidak lebih dari 8 jam sehari.

Sementara itu, sebagian orang ada yang sering tidur pagi dengan berbagai alasan, seperti terlalu lama kerja atau begadang. Padahal, tidur pagi dapat menurunkan performa kerja dan juga dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Apakah kamu sering begadang? Kerja? Main game? Atau hal lainnya? Saran mimin nih, sebaiknya kamu tidur dengan waktu yang cukup. Karena itu akan menyehatkan juga kok!

Baca Juga: Kualitas Tidur Terganggu? Pahami Pengaruh dan Cara Kerja Ritme Sirkadian

Dikutip dari Yoursay.suara.com (Portal Suara.com), berikut ini ada sejumlah bahaya jika kamu sering tidur pagi. Apa saja bahayanya? Simak penjelasannya yang dihimpun dari laman alodokter.com, tentang bahaya tidur di pagi hari.

1. Diabetes

Sejumlah penelitian mengatakan, bahwa kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Bahkan, resiko ini juga bisa terjadi ketika kamu terlalu sering tidur.

Kenapa demikian? Karena gangguan pada tidur dapat meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin, ini akan membuat kadar gula darah cenderung meningkat pada orang yang memiliki masalah pada tidurnya.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Bahayanya Ketiduran Pakai Softlens, Bisa Bikin Mata Kering

2. Obesitas

Siapa bilang kurang tidur membuat badan kurus. Padahal, kurang tidur dan terlalu banyak tidur dapat membuat berat badan meningkat.

Karena, kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga mereka akan cenderung makan lebih banyak saat kurang tidur.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Selain obesitas, sering tidur di pagi hari juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena, kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: 3 Tips Sederhana yang Bisa Atasi Sulit Tidur atau Insomnia, Mudah dan Efektif

4. Mudah lupa (pikun)

Disaat kita tidur, tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan-jaringannya, termasuk sel-sel otak.

Sebaliknya, disaat seseorang kekurangan tidur, jaringan pada otak akan kekurangan oksigen serta energi untuk memperbaiki dirinya, inilah yang membuat seseorang menjadi mudah lupa.

5. Sulit berkonsentrasi dan berpikir

Berpikir jernih dan konsentrasi merupakan hal yang sangat penting. Namun, jika kamu tidak mendapat waktu tidur yang cukup, ini akan membuat otak akan sulit berpikir dan berkonsentrasi.

Baca Juga: Ngorok atau Mendengkur saat Tidur Memang Mengganggu, Ini Cara Mengatasinya

6. Suasana hati mudah berubah

Mood seseorang ternyata juga bisa disebabkan karena seseorang kekurangan waktu tidur di malam hari. Bahkan, tidur pagi juga dapat membuat emosi seseorang menjadi kurang stabil akibat kelelahan.

Nah, gimana nih! Sudah cukup waktu tidurmu? Semoga kalian sehat-sehat ya! Semoga bermanfaat:)

Sumber: Yoursay.suara.com (Portal Suara.com)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT