Sukabumi Update

Jadi Tempat Akad Nikah Kaesang dan Erina, 5 Fakta Pendopo Agung Ambarrukmo

Pendopo Agung Ambarrukmo, tempat akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep | Foto: istimewa via trip.com

SUKABUMIUPDATE.com - Putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep, telah sah menjadi suami dari Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 Erina Gudono.

Akad nikah berlangsung di Pendopo Agung Ambarrukmo, Sabtu, (10/12/2022) Siang.

Pendopo tersebut berada di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta dan merupakan salah satu dari empat hotel bersejarah di Indonesia.

Pendopo Ambarrukmo ternyata bukan bangunan sembarangan. Bangunan ini diketahui telah dijadikan cagar budaya dan didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) II.

Baca Juga: Kaesang dan Erina Lakukan Siraman yang Berasal dari 7 Mata Air, Ini Maknanya

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui fakta-fakta menarik mengenai bangunan bersejarah tersebut. Melansir dari Suara.com, berikut deretan fakta-faktanya yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Lokasi Pendopo Agung Ambarrukmo

Pendopo Agung Ambarrukmo diketahui berlokasi di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini merupakan cagar budaya yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) II. Pembangunan Pendopo Agung Ambarrukmo dilanjutkan oleh Sri Sultan HB V, sebelum akhirnya disempurnakan Sri Sultan HB VII.

Baca Juga: Harus Bekerja Saat Weekend? Coba Putar 11 Rekomendasi Lagu Ini!

2. Didirikan Tahun 1857

Pendopo Agung Ambarrukmo didirikan pada tahun 1857. Empat puluh tahun kemudian, bangunan ini beralih fungsi menjadi pesanggrahan. Pendopo Agung Ambarrukmo memiliki 36 tiang dengan 3 jenis konstruksi yang berbeda-beda, yakni Saka Guru, Penanggap, dan Penitih.

3. Asal-usul Nama Ambarrukmo

Nama Ambarrukmo merupakan pemberian dari adik laki-laki dari Sri Sultan HB VII, Kanjeng Gusti Pangeran Harya Adipati Mangkubumi. Pendopo Agung Ambarrukmo awalnya hanya berfungsi sebagai tempat singgah Sultan atau untuk menyambut tamu penting Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: Termasuk Moci Sukabumi, Jawa Barat Terima 19 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

4. Jadi Cagar Budaya

Sempat menjadi tempat tinggal Sultan, Pendopo Agung Ambarrukmo kini merupakan salah satu cagar budaya yang terbuka untuk umum. Bangunan bersejarah ini juga menjadi salah satu pilar pelestari Kebudayaan Jawa, khususnya Yogyakarta.

5. Tempat Kegiatan Budaya

Karena sudah beralih fungsi, Pendopo Agung Ambarrukmo menjadi salah satu pusat kegiatan kegiatan budaya seperti tari kreasi Jawa, suling bambu, siteran, jemparingan, macapat hingga kelas biola.

Baca Juga: Viral Ferdy Sambo Keceplosan Akui Tembak Punggung Yosua, Pengacara Beri Penjelasan

Tempat ini juga sesekali dipakai untuk acara adat Jawa, seperti pernikahan, siraman, dan sebagainya.
Itu dia fakta Pendopo Agung Ambarrukmo yang menjadi lokasi akad nikah Kaesang dan Erina.

Sumber: Suara.com/Chusnul Chotimah

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT