Sukabumi Update

7 Keistimewaan Surat Al Insyirah, Dimudahkan Rezeki dan Segala Urusan

Ilustrasi Membaca Surat Al Insyirah | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu surat dalam Al Quran yang memiliki keistimewaan adalah surat Al Insyirah

Dalam surat ini, umat Islam akan merasa yakin jika setiap masalah yang sedang dihadapi pasti diberikan kemudahan oleh Allah SWT, sehingga hati menjadi lebih lapang dan lebih tenang.

Surat Al Insyirah juga memiliki keutamaan dan manfaat lainnya yang berkaitan dengan kehidupan umat Islam

Baca Juga: Doa Mandi Junub Lengkap dengan Arti Serta Tata Caranya!

Surah Al Insyirah atau Surat Alam Nasyrah adalah surat ke-94 dalam Al Quran. Surat ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surat-surat Makkiyah serta diturunkan sesudah Surah Adh Dhuha. 

Nama Alam Nasyrah diambil dari kata Alam Nasyrah yang terdapat pada ayat pertama, yang bererti bukankah Kami telah melapangkan. 

Baca Juga: Amalkan Setiap Hari, 3 Doa Agar Selalu Dilindungi dan Terhindar dari Musibah

Disebut dalam Kitab Khazinatul Asrar hal 195, berikut di antara tujuh dari keistimewaan surat Al Insyirah yang luar biasa seperti menghimpun dari Akurat.co:

  1. Barangsiapa membaca surat Alam Nasyrah, maka laksana ia mendatangi Rasulullah Saw. Dan saat itu saya (Nabi) dalam keadaan susah, maka saya menjadi bahagia. 
  2. Membacanya setiap selesai salat lima waktu, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesedihannya dan mendapatkan rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka. 
  3. Sebagian Ulama berkata, membaca surat tersebut akan memudahkan rizki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala urusan, dan menghilangkan rasa malas dalam beribadah serta kegagalan dalam mata pencaharian. 
  4. Apabila di baca 9 kali setiap selesai salat lima waktu, maka Allah akan menghilangkan kesulitannya dan memudahkan rizqinya. 
  5. Apabila dibaca 40 kali setiap habis salat lima waktu selama 7 hari secara terus menerus, maka Allah menjadikan dia kaya. 
  6. Apabila punya kesulitan urusan dunia atau akhirat maka salat sunnah dua rakaat setelah salam menghadap qiblat sambil membaca surat alam nasyroh sebanyak hitungan hurufnya (101 huruf). Kemudian berdoa minta dikabulkan hajatnya. Insya Allah hajat tersebut terkabul. 
  7. Apabila dibaca setiap hari pada waktu dhuha sebanyak 200 kali, maka akan melihat keistimewaan dan rahasia yang mengherankan.

Yuk, baca dan amalkan isi serta kandungan surat ini Al Insyirah. Semoga kita mendapatkan keberkahan dan limpahan rahmat dari surah yang luar biasa ini.

Sumber: Akurat.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT