Sukabumi Update

3 Dampak Buruk Tidak Sarapan Pagi, Salah Satunya Bisa Picu Stress

Ilustrasi Sarapan Pagi. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pagi hari sebelum memulai aktivitas, manusia dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum memulai harinya. Mengapa begitu? Sarapan merupakan sumber energi yang dapat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga.

Tak hanya itu, sarapan juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan, seperti menjaga metabolisme tubuh, kontrol berat badan, hingga melindungi rambut dari kerontokan.

Namun, belum semua orang menerapkan kebiasaan baik ini dan memilih untuk melewatkan sarapan. Padahal, tidak sarapan pada pagi hari menyimpan efek negatif yang membahayakan tubuh.

Baca Juga: Cocok untuk Menu Sarapan, Inilah 4 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan Tubuh

Dikutip dari Tempo.co, berikut adalah tiga bahaya melewatkan sarapan pada pagi hari:

1. Migrain

Melewatkan sarapan menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi rendah. Apabila tidak makan makanan di pagi hari, tubuh melepaskan hormon tertentu untuk mengimbangi kadar gula yang rendah atau disebut sebagai hipoglikemia.

Proses ini memberikan efek samping untuk tubuh, seperti kenaikan tekanan darah secara tiba-tiba, yang menyebabkan sakit kepala dan migrain. Kebiasaan melewatkan sarapan yang dilakukan secara terus-menerus dapat memperparah sakit kepala atau migrain.

Baca Juga: Resep Sup Ayam Makaroni Cocok untuk Menu Sarapan Hari Ini!

2. Tingkatkan stres

Kebiasaan tidak sarapan pada pagi hari dapat meningkatkan stres dalam tubuh. Sebab, sarapan mempengaruhi tingkat stres atau hormon kortisol dalam tubuh yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.

Dilansir dari futurefit.co.uk, tubuh memiliki tingkat kortisol paling tinggi sekitar pukul 7 pagi sehingga penting untuk makan sesuatu untuk menurunkan kadar hormon kembali. Sementara itu, sebuah studi Fisiologi & Perilaku 2014 menunjukkan bahwa wanita yang melewatkan sarapan sering menunjukkan kadar kortisol (hormon stres) yang lebih tinggi serta tekanan darah sepanjang hari.

Baca Juga: Resep Pancake Teflon Super Lembut, Cocok untuk Menu Sarapan Pagi Ini

3. Berisiko alami serangan jantung

Melansir stylecraze.com, pria yang melewatkan sarapan pada pagi hari memiliki peluang 27 persen lebih besar untuk mengalami serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang sarapan. Orang yang menghindari sarapan juga rentan alami hipertensi, yang menyebabkan penyumbatan arteri. Selain itu, melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan peningkatan risiko mengembangkan kondisi kesehatan kardiovaskular kronis, termasuk stroke.

Sumber: Tempo.co (Naomy A. Nugraheni)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT