Sukabumi Update

Tata Cara Mandi Wajib Pria: Niat, Urutan dan Lengkap Beserta Doanya

Ilustrasi mandi wajib. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Mandi wajib bagi seseorang yang sudah dewasa atau baligh adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Apalagi jika kondisinya tubuh sedang terkena hadas atau najis besar. 

Mandi yang dilakukan bukan sekadar mandi biasa melainkan harus memenuhi tata cara mandi wajib pria yang benar. Cara mandi besar yang benar dengan menyiram air bersih ke seluruh tubuh sembari membaca niat dan doa.

Baca Juga: Bacaan Doa dan Tata Cara Mandi Wajib untuk Pria yang Sah Menurut Islam!

Ada beberapa alasan mengapa seorang pria diwajibkan untuk bersuci dengan cara mandi wajib pria yang benar sebelum melakukan ibadah, antara lain:

  • Usai berhubungan intim
  • Keluar air mani
  • Usai mimpi basah
  • Apabila seorang pria memutuskan masuk Islam maka ia wajib mandi besar terlebih dahulu
  • Jenazah dalam aturan Islam harus mandi wajib terlebih dahulu. Mandi wajib bagi jenazah dapat dilakukan oleh keluarga atau kerabat.

Cara Mandi Wajib Pria yang Benar

Sebelum memulai mandi wajib, seorang pria Muslim diwajibkan untuk membaca niat mandi wajib terlebih dahulu. Bacaan niatnya sebagai berikut.

"Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari minal jinabati fadlon lillahi ta'ala"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala".

Baca Juga: Doa dan Tata Cara Mandi Wajib yang Benar Setelah Mimpi Basah dan Haid

Setelah selesai membaca niat mandi wajib pria dalam hati, lanjutkan dengan mengikuti tata cara mandi wajib yang benar di bawah ini.

  1. Selesai membaca niat mandi wajib di atas, mulailah mandi dengan membasuh tangan sebanyak 3 kali lalu membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.
  2. Akhiri kedua tahap ini dengan mencuci tangan dengan sabun.
  3. Setelah kedua tangan Anda bersih lalu berwudhu sebagaimana biasa.
  4. Usai berwudhu, basuhlah keseluruhan rambut dan kkepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali.
  5. Setelah itu siramlah anggota badan sebelah kanan sebanyak tiga kali lalu lakukan hal yang sama pada anggota badan bagian kiri.
  6. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali. Pastikan lipatan bagian tubuh seperti pusat, ketiak, dan lutut turut terbasuh dengan sempurna.
  7. Setelah tahap ini terlewatkan berikutnya Anda bisa melanjutkan rangkaian mandi seperti biasa.

Baca Juga: Habis Bersetubuh Menjelang Imsak, Mandi Wajib atau Makan Sahur Dulu?

Doa Setelah Mandi Wajib Pria

Setelah tubuh bersih dari segala kotoran dan najis, lanjutkan dengan membaca doa setelah mandi wajib pria sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini.

“Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina”.

Artinya:“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri,”.

Baca Juga: Bolehkah Puasa Ramadan Tapi Tidak Mandi Wajib?

Nah, itu tadi panduan lengkap cara mandi wajib pria yang benar beserta bacaan niat dan doa latin. Semoga tulisan di atas dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT