Sukabumi Update

Rambah Kota, Upaya SMAN 1 Parungkuda Kenalkan Pelajar pada Bangunan Bersejarah Sukabumi

Kegiatan Rambah Kota bertujuan untuk mengenalkan pelajar SMA dengan bangunan-bangunan bersejarah Sukabumi | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lebih dari 20 pelajar anggota ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Parungkuda menggelar kegiatan ‘Rambah Kota’ dengan mengunjungi dan mempelajari gedung-gedung serta bangunan bersejarah yang ada di Kota Sukabumi, Sabtu 11 Desember 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Departemen Ilmu Sosial dari Ekstrakurikuler KIR yang bertujuan untuk melestarikan sejarah Kota Sukabumi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Herwan selaku Pembina, Rusman Alanudin sebagai Pelatih, dan Muhammad Ikhsan sebagai Ketua KIR, memiliki harapan besar agar seluruh anggota KIR dapat lebih mengenal dan melestarikan gedung-gedung dan bangunan bersejarah Sukabumi.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Curug di Jawa Barat yang Indah dan Favorit Wisatawan

Dimana di Sukabumi banyak bangunan-bangunan yang menyimpan nilai historis dan sangat menarik untuk dipelajari.

“Sudah sepantasnya sebagai bagian dari masyarakat Sukabumi, kita lebih mengenal dengan mempelajari sejarah Sukabumi, kalau bukan kita, lalu siapa lagi?” ungkap Herwan.

“Mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, merupakan investasi yang sangat bernilai dan berguna bagi masa depan khususnya pelajar ke depannya,” lanjutnya.

Baca Juga: Daftar 10 Tokoh yang Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Senada dengan Herwan selaku Pembina Ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Parungkuda, Rusman Alanudin mengatakan, “Selain Sukabumi, kami telah mengunjungi dan mempelajari sejarah Kota Bogor dan Kota Tua Jakarta. Namun untuk Sukabumi ini merupakan edisi yang spesial, karena lebih banyak personil yang berpartisipasi dan berharap program ini akan berlanjut agar menjadi inspirasi pelajar Sukabumi,” pungkasnya.

Sesuai dengan rencana, gedung-gedung dan bangunan bersejarah yang dikunjungi yaitu Pendopo Kabupaten Sukabumi, Stasiun Kereta Api, Museum Pegadaian, Masjid Agung dan Gedung Juang dengan menjadikan Lapang Merdeka sebagai meeting point atau tempat awal berkumpul.

 

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT