Sukabumi Update

Kulit Hurik Bikin Kamu Tak Percaya Diri, Simak 5 Cara Alami Mengatasinya

Ilustrasu Kulit Hurik Membuat Tak Percaya Diri | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kulit kering pada bagian kaki atau tangan yang biasa orang Sunda sebut sebagai kulit hurik merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum terjadi pada banyak orang.

Penyebab permasalahan kulit ini pun bermacam-macam, mulai dari ketidak seimbangan hormon, paparan sinar matahari berlebihan, stress, hingga adanya kondisi medis tertentu seperti eksim atau dermatitis atopik.

Walaupun cukup umum terjadi, namun kulit hurik ini tentu saja tidak bisa disepelekan karena dapat mempengaruhi penampilan dan membuat orang yang mengalami kulit hurik menjadi tidak percaya diri.

Baca Juga: Kulit Hapur? Simak Penjelasan Lengkap Bercak Putih Tinea Versikolor!

Lantas bagaimana sih cara mengatasi kulit kering atau hurik ini? Jika kamu salah satu orang yang memiliki permasalahan kulit hurik, yuk simak beberapa tips di bawah ini seperti merangkum dari berbagai sumber.

1. Lulur Menggunakan Susu

Seperti yang diketahui susu merupakan salah satu bahan yang kerap kali digunakan untuk perawatan kulit. 

Susu mengandung asam beta hidroksi yang mana bermanfaat untuk menggantikan sel-sel kulit mati.

Selain itu, susu juga mengandung mineral seperti zat besi, tembaga, kalium yang mana kandungan tersebut berguna untuk membuat kulit sehat dan lembab.

2. Menggunakan Madu

Tips selanjutnya untuk menghilangkan kulit hurik adalah dengan menggunakan madu. Sudah banyak yang tahu jika madu dalam dunia kecantikan bukanlah hal baru. 

Manfaat dari madu untuk mengatasi kulit kulit ini didapatkan dari kandungan vitamin dan mineral yang bisa membuat kulit kamu tetap lembab dan terhindar dari kotoran sehingga kulit tetap bersih, sehat, dan lembut.

Cara menggunakannya sebelum mandi, oleskan madu pada bagian kulit yang kering seperti tangan atau kaki biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa diketahui dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan juga bertindak sebagai emolien alami.

Hal tersebut dapat mencegah kulit mengelupas lebih jauh dan juga dapat mengobati kulit hurik kamu. 

Caranya, hangatkan satu sendok makan minyak kelapa, gosokkan minyak di antara telapak tangan dan oleskan dengan lembut pada area kulit yang kering. Lakukan ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, serta sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu mengatasi kulit kering, gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah atau kulit hurik.

Cara menggunakannya cukup mudah, siapkan lidah buaya, potong dan belah lidah buaya segar kemudian keluarkan gelnya pada kulit kering. Biarkan 10 hingga 15 menit, kemudian bilas. Lakukan hal tersebut selama 2 kali sehari.

5. Menggunakan Timun

Timun mengandung 95 persen air sehingga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit yang hurik. Untuk mendapatkan khasiat timun kamu bisa membuat body scrub alami. 

Caranya mudah, cukup menghaluskan timun hingga berbentuk seperti pasta kemudian balurkan ke seluruh permukaan kulit hurik kamu.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT