Sukabumi Update

Bikin Gatal dan Terlihat Putih, Inilah Perbedaan Antara Telur Kutu dan Ketombe

Ilustrasi ketombe. | Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Berada di kulit kepala, ketombe dan telur kutu mempunyai kesamaan yaitu bisa bikin gatal. Keduanya berwarna putih dan jika digaruk, kulit kepala akan terasa sangat gatal.

Ketombe disebabkan sel kulit yang tumbuh dan mati terlalu cepat. Kematian sel kulit kepala akibat jamur malassezia.

Dikutip dari Tempo.co, jamur itu hidup di kulit kepala. Sistem kekebalan tubuh bisa mempengaruhi pertumbuhannya. Ketombe bisa bertambah parah saat seseorang sedang stres atau sakit.

Apa itu ketombe?

Mengutip Healthline, banyak faktor penyebab munculnya ketombe. Sel kulit yang menumpuk dan menimbulkan gatal. Jamur Malassezia memperparah kulit kepala dan menyebabkan pertumbuhan sel kulit berlebihan.

Baca Juga: Ketombe Bikin Gatal? Inilah Penyebab dan Cara Mencegah Supaya Tak Muncul Kembali

Sebagian orang yang terinfeksi pertumbuhan jamur ini bisa menjadi penyebab ketombe dan kondisi medis lainnya, seperti kuit bersisik, yaitu psoriasis dan dermatitis seboroik.

Jika terdapat iritasi kulit kepala seperti gatal setelah menggunakan produk tertentu, itu bisa jadi karena sensitivitas. Berhenti menggunakan produk itu supaya tidak menimbulkan ketombe.

Dermatitis seboroik kondisi medis kronis yang tidak hanya mempengaruhi kulit kepala, tapi juga bagian tubuh lainnya yang memiliki kelenjar minyak. Kondisi ini ditandai ketombe dan kemerahan di kulit kepala. Kelihatannya mirip dengan penyakit kulit seperti psoriasis, eksim atau bahkan reaksi alergi.

Baca Juga: 4 Penyebab Munculnya Ketombe dan Tips Mengatasinya

Apa itu telur kutu?

Adapun telur kutu bukan tersebab pertumbuhan jamur di kulit kepala. Mengutip PetMD awal dari siklus hidup terjadi ketika kutu betina dewasa bertelur setelah menghisap darah dari inangnya. Darah dibutuhkan kutu dewasa untuk melakukan reproduksi. Seekor kutu betina dewasa bisa bertelur sekitar 40 telur setiap hari.

Telur kutu menyerupai benda putih yang menempel di batang rambut. Telur kutu membutuhkan waktu paling lama dua pekan untuk menetas. Telur akan lebih cepat menetas jika suhu hangat dan tingkat kelembapan tinggi.

Merujuk Mayo Clinic telur kutu paling mudah ditemukan di sekitar telinga dan garis rambut leher. Telur kutu yang kosong atau sudah menetas berwarna lebih terang. Telur kutu yang sudah menetas biasanya menempel di rambut agak jauh dari kulit kepala.

Baca Juga: 4 Bahan Alami Hilangkan Ketombe Membandel, Yuk Cobain!

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT