Sukabumi Update

Hari Ibu 2022: 4 Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Bisa Diamalkan

(Ilustrasi) Memanjatkan doa untuk kedua orang tua sangat dianjurkan dilakukan setiap hari (Sumber : iStock)

SUKABUMIUPDATE.com - Mendoakan kedua orang tua sejatinya harus dilakukan setiap hari tidak hanya pada momen hari ibu saja.

Namun, saat hari ibu hal itu bisa dijadikan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada orang tua khususnya ibu yang telah membesarkan kita.

Seperti diketahui jika ada tiga hal yang akan akan terputus amalannya meskipun orang tersebut telah meninggal dunia, salah satunya yaitu doa seorang anak untuk kedua orang tuanya.

Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara. Yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR Muslim).

Berikut ini beberapa doa yang bisa dibacakan setiap hari untuk kedua orang tua.

1. Doa Memohon Ampun untuk Orang Tua

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

2. Doa Memohon Kesehatan

Allahumma robbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan.Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

3. Doa Memohon Kesembuhan

"Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli"

Artinya: "Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

4. Doa Mohon Ampunan Dosa

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaatiwalmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati
robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat

semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT