Sukabumi Update

Auto Jadi Rebutan Cowok, Jumlah Cewek Sukabumi dari Gen Z dan Alpha Tidak Seimbang

Ilustrasi rebutan cewek (Sumber: Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Generasi Z (Gen Z) merupakan istilah yang popular saat ini untuk menyebut mereka yang lahir mulai tahun 1996 – 2009. Sedang generasi diatas tahun 2010 sampai sekarang disebut dengan generasi Alpha (Gen Alpha).

Pada kedua kelompok generasi tersebut dipastikan kisaran usia paling tinggi saat ini berada diumur 25 hingga 26 tahun.

Kekinian, Badan Pusat Statitik Kabupaten Sukabumi tahun 2022 merilis jumlah penduduk Sukabumi berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin.

Baca Juga: Data BPS Sebut 8.717 Orang Sukabumi Masuk Kategori Pekerja Tak Dibayar

Data tersebut menyebut jumlah total penduduk Sukabumi berkisar 2.761.476 orang terdiri dari laki-laki 1.403.368 orang dan perempuan 1.358.108 orang.

Dari jumlah tersebut, mengidentifikasikan setiap kelompok umur memiliki jumlah yang pariative. Kelompok tua, kelompok muda, dan anak-anak.

Jika dilihat pada setiap kelompok umur, penduduk kabupaten Sukabumi secara keseluruhan didominasi oleh jenis kelamin laki-laki.

Baca Juga: Wow! BPS Ungkap Masyarakat Sukabumi Lebih Suka Jengkol daripada Wortel

Tim sukabumiupdate.com menganalisis dimana letak selisih yang siginifikan antara jumlah penduduk laki laki dan perempuan.

Dan ternyata selisih itu berada pada kelompok usia 15 sampai 24 tahun. Dimana pada usia itu masing-masing mewakili kelompok Gen Z dan Gen Alpha.

Kelompok umur 15 - 19 tahun jenis kelamin laki laki sebanyak 123.942 orang dan perempuan sebanyak 115.993 orang.

Baca Juga: Data BPS Mencatat Konsumsi Rokok di Sukabumi Lebih Tinggi dari Beras

Pada kelompok umur 20-24 tahun, laki laki berjumlah 124.998 orang dan perempuan sebanyak 115.559 orang.

Selisih signifikan antara jenis kelamin laki-laki dan peremuan, pada dua kelompok ini sekitar 17.388 orang atau 6,98 persen.

Yang menarik, jika dilihat dari kelompok umur dibawahnya, yaitu usia 10-14 masih tetap ada selisih sebanyak 6.339 atau 5,4 persen dengan dominasi pada jenis kelamim laki-laki.

Baca Juga: 10 Wilayah di Sukabumi yang Paling Sepi, Juaranya Kecamatan Tegalbuleud

Dari data ini, diprediksi dalam 5 tahun kedepan Cewek-cewek Kabupaten Sukabumi yang mewakili Gen Z dan Alpha akan jadi rebutan karena jumlah mereka lebih sedikit dibanding jumlah pria.

Secara psikologis pada rentang usia dua kelompok diatas memang sudah memiliki kesukaan terhadap lawan jenis, sehingga memungkinkan analisa ini menjadi penting dalam kajian fenomena sosial.

Writer: Bah Rowi

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT