Sukabumi Update

Menaker Sebut Alasan Mengapa Banyak Sarjana yang Menganggur di Indonesia

Ilustrasi Banyak Sarjana Menganggur di Indonesia (Sumber : Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan jika sektor tenaga kerja Indonesia masih menghadapi tantangan besar.

Hal tersebut karena, pekerja di Indonesia justru banyak diisi dengan tingkat pendidikan SMP ke bawah. Sementara pengangguran tercatat adalah orang yang mengenyam pendidikan lebih tinggi seperti SMA/SMK, Diploma, bahkan Sarjana.

Melihat hal tersebut, Ida menjelaskan alasan mengapa banyak orang yang mengenyam pendidikan lebih tinggi namun menjadi pengangguran.

Baca Juga: Pencairan BSU hingga 20 Desember 2022, Kemenaker Beri Himbauan

“Pengangguran datang dari pendidikan tinggi karena tidak sesuai kebutuhan pasar kerja,” ujar Ida dalam Outlook Ekonomi Indonesia 2023, seperti melansir dari Tempo.co.

Menghadapi tantangan ini, Ida mengatakan kementeriannya telah mengimplementasikan sejumlah kebijakan pasca pengesahan UU Cipta Kerja pada November 2020 lalu. Salah satunya ihwal pelatihan dan pendidikan vokasi.

Mengenai hal ini, Presiden Jokowi juga telah mengeluarkan Perpres Nomor 68 Tahun 2021 sebagai bagian dari kerangka regulasi dalam UU Cipta Kerja.

Adapun, Ida melanjutkan, regulasi tersebut berisi sejumlah poin penting. Pertama, prinsip dasar pelatihan dan pendidikan vokasi yang berorientasi kepada dunia usaha.

“Kemudian yang kedua, tanggung jawab pendidikan dan pelatihan vokasi adalah tanggung jawab pemerintah, pemda, dan swasta. Ini Perpres kolaboratif. Pemenuhan tenaga kerja kompeten yang sesuai kebutuhan pasar itu dilakukan oleh pemerintah, pemda, dan swasta,” kata Ida.

Lebih lanjut, Ida mengatakan bahwa Kemenaker mengenalkan pembelajaran sepanjang hayat. Sebab, di era industri 4.0 ini, perlu dilakukan upskilling maupun reskilling yang inklusif. 

Hal ini dilakukan untuk menciptakan tenaga kerja yang memenuhi kualifikasi yang sesuai kebutuhan pasar kerja.

Sumber: Tempo.co

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT