Sukabumi Update

5 Doa Saat Terjadi Cuaca Ekstrem yang Akhir-akhir Ini Terjadi di Indonesia

Ilustrasi Akan Terjadi Cuaca Ekstrem (Sumber : Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG dan BRIN telah memberikan peringatan akan adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia di penghujung tahun 2022 ini. 

Bahkan Peneliti dari BRIN, Erma Yulihastin, mengungkapkan adanya potensi hujan ekstrem dan badai dasyat di wilayah Jabodetabek pada 28 Desember 2022 mendatang.

Sementara itu di wilayah Sukabumi sendiri beberapa hari terakhir ini terus diguyur hujan dari pagi hingga malam hari.

Baca Juga: Badai Dasyat Berpotensi Terjadi di Jabodetabek, Bisa Meluas ke Wilayah Lain di Jabar

Hal ini tentu saja membuat masyarakat khawatir. Namun, untuk umat muslim sendiri dapat mengamalkan doa saat cuaca ekstrem terjadi.

Dan berikut beberapa doa yang dapat diamalkan saat terjadi cuaca ekstrem di daerah mu seperti melansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem Libur Nataru, Masyarakat Diminta Siaga saat Kunjungi Wisata Air

Doa Saat Hujan Deras

Allhumma hawlain wa l ‘alain. Allhumma ‘alal kmi wal jibli, waz zhirbi, wa buthnil awdiyati, wa manbitis syajari. 

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”  (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897).

Doa Agar Hujan Tak Menimbulkan Musibah

Bismillahirrahmanirahim. Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut nama Allah sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudarat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa Angin Kencang

Allahumma innii as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepadamu kebaikan angin ini, kebaikan yang dibawa angin ini, dan kebaikan angin ini diutus. Dan aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan angin ini, keburukan yang dibawa angin ini, dan keburukan angin ini diutus.” (HR. Muslim 2122)

Doa Agar Hujan Berhenti

Wa qila ya ardubla'i ma’aki wa ya sama`u aqli'i wa gidal-ma`u wa quḍiyal-amru wastawat 'alal-jụdiyyi wa qila bu'dal lil-qaumiz-zalimin.

Artinya: "Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disusutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim."

Doa Agar Dilindungi dari Bahaya saat Cuaca Ekstrem

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.” (HR. Bukhari no. 1032)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT