Sukabumi Update

9 Alasan PNS Jadi Pekerjaan yang Banyak Diburu Masyarakat Indonesia

Ilustrasi Alasan Banyak Masyarakat Indonesia Ingin Menjadi PNS (Sumber : via djkn.kemenkeu.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - CPNS 2023 akan segera dibuka. Menengok dari tahun-tahun sebelumnya rekrutmen CPNS ini tidak pernah sepi peminatnya, dan kemungkinan besar ditahun 2023 ini pun akan seperti itu.

Ada beberapa alasan mengapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) jadi pekerjaan yang banyak diburu oleh banyak masyarakat di Indonesia. 

Bahkan banyak orang yang rela keluar dari pekerjaan yang sedang dijalani demi menjadi seorang PNS

Baca Juga: Seleksi CPNS 2023: Latihan Soal dan Pembahasan Tes Intelegensia Umum (TIU) SKD

Dan berikut beberapa alasan mengapa PNS jadi pekerjaan yang tak pernah sepi peminatnya seperti merangkum dari Daftar CPNS.

1. Memiliki Gaji yang Pasti Setiap Bulannya

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadi PNS adalah karena kepastian gaji setiap bulannya dari pemerintah.

Yang mana hal tersebut akan membuat perencanaan keuangan di masa depan lebih mudah dan terjamin.

2. Kenaikan Gaji Setiap Tahun

Alasan lainnya adalah karena peluang kenaikan gaji setiap tahunnya. Diketahui walaupun setiap tahun terjadi inflasi, namun jangan khawatir, karena dengan menjadi seorang PNS, gaji masih tetap naik setiap tahunnya.

3. Tunjangan Anak, Istri, Beras, dll

Selain gaji, seorang PNS juga mendapatkan tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan beras, dan lain sebagainya.

Sebagian kementerian dan lembaga juga telah menerapkan tunjangan remunerasi yang justru lebih besar daripada gaji bulanan.

4. Uang Pensiun

Bagi sebagian orang memastikan bisa bertahan ketika masa pensiun datang itu penting. Dengan menjadi PNS, maka kekhawatiran tersebut tidak akan datang karena PNS akan mendapatkan asupan finansial setiap bulannya ketika masa pensiun. Bahkan, selain gaji pensiun juga akan mendapatkan tabungan pensiun (taspen).

5. Asuransi Kesehatan

Setiap PNS akan dibekali asuransi kesehatan termasuk untuk keluarga, seperti istri dan anak.

6. Kemudahan Kredit di Bank

Keuntungan yang didapat dari seorang PNS adalah kemudahan melakukan kredit di Bank. Hal tersebut kemungkinan karena pihak Bank mengetahui jika gaji seorang PNS sudah tetap setiap bulannya.

7. Kemapanan

Di Indonesia menjadi PNS sudah dapat diartikan sebagai orang mapan. Dan tidak dipungkiri kebanyakan orang tua, ingin anaknya menikah dengan orang mapan.

8. Meyakinkan Calon Istri dan Calon Mertua

Menjadi PNS mampu meyakinkan calon istri untuk bersedia menikah. Selain istri, calon mertua lebih yakin menyerahkan anaknya ke seorang PNS daripada profesi lain.

9. Status Sosial

Sebagian orang menjadi PNS untuk mendapatkan status sosial yang lebih baik atau mendapatkan pengakuan dari lingkungannya.

Itulah sederet alasan mengapa PNS menjadi pekerjaan yang banyak diburu oleh masyarakat di Indonesia, dan mungkin salah satunya adalah Anda.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT