Sukabumi Update

Jadi Penyemangat Hidup, 5 Ayat Al Quran Ini Bisa Dibaca Setiap Hari

Ilustrasi 5 Ayat Al Quran yang Bisa Jadi Penyemangat Hidup (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk umat muslim tentunya sudah tidak asing lagi dengan ungkapan jika Al Quran merupakan penunjuk jalan hidup atau pedoman hidup

Hal tersebut dikarenakan isi yang terkandung dalam Al Quran merupakan sabda Allah yang diturunkan langsung kepada setiap pemeluknya di dunia.

Maka dari itu salah satu cerminan seorang Muslim yang baik adalah dengan cara mengamalkan ayat-ayat Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 3 Bacaan Doa untuk Membolak Balikkan Hati Seseorang

Dan berikut adalah ulasan tentang 5 Ayat Al  Quran yang jadi penyemangat hidup seperti melansir dari Suara.com:

1. Wa lal-akhiratu khairul laka minal-ula

Artinya: “Sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan.” (Q.S. 93:4)

Dari ayat ini terdapat tafsiran bahwa yang kemudian (akhirat) itu lebih baik dari yang permulaan (dunia). Meneladani ayat ini sama dengan mempercayai akan adanya hari akhir dan membuat kita agar senantiasa beribadah kepada Allah karena kehidupan kita di dunia hanya sementara.

2. Wa lal-akhiratu khairul laka minal-ula

Artinya: “dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk,” (Q.S. 93:7)

Surat Ad-Dhuhah ayat 7 ini menjelaskan tentang kepasrahan seorang hamba dan kepercayaannya kepada sang pencipta, bahwasannya setiap hal yang terjadi dalam kehidupannya merupakan kehendak tuhan. 

Artinya ketika ia sedang mengalami kebingungan maka ia harus percaya bahwa Allah akan selalu memberikan jalan keluar.

3. Wawajadaka 'aa-ilan fa-aghnaa

Artinya: “dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan,” (Q.S 93:8)

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwasannya Allah akan senantiasa memenuhi setiap kebutuhan hambanya ketika sedang merasa kekurangan. Karena sejatinya Allah maha memberi dan mengasihi

4. Fa inna ma'al 'usri yusra

Artinya: “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,” (Q.S 94:5)

Seperti yang kita ketahui Allah SWT bahkan sampai menyebutkan sebanyak dua kali dalam surat Al-Insyirah bahwa setelah ada kesulitan ada kemudahan.

Allah SWT mengungkapkan bahwa sesungguhnya di dalam setiap kesempitan, terdapat kelapangan, dan di dalam setiap kekurangan sarana untuk mencapai suatu keinginan, terdapat pula jalan keluar.

5. Wa la tastawil-hasanatu wa las-sayyi'ah, idfa' billati hiya ahsanu fa izallazi bainaka wa bainahu 'adawatung ka'annahu waliyyun hamim

Artinya: “Dan tidaklah sama kebaikan dengan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antara kamu dan dia akan seperti teman yang setia,” (Q.S 41:34)

Kesimpulan yang dapat diambil dari ayat di atas adalah sejatinya manusia memiliki sifat baik dan jahat yang ada dalam diri mereka, sebisa mungkin tolaklah kejahatan yang hendak kamu lakukan sebagai cerminan Muslim yang baik.

Demikian adalah ulasan tentang 6 Ayat Al Quran penyemangat hidup yang dapat kamu teladani, semoga dapat menginspirasi.

Sumber: Suara.com (Dhea Alif Fatikha)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT