Sukabumi Update

3 Bacaan Doa Dalam Islam untuk Melancarkan Segala Aktivitas

Ilustrasi berdoa. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Berdoa sebelum memulai segala aktivitas adalah hal yang mesti dilakukan oleh umat muslim. Pasalnya, dengan doa semua rutinitas pada hari itu bisa dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah SWT.

Melansir Tantrum.Suara.com (Portal Suara.com), disebutkan dalam sebuah hadits sahih dari Abu Hurairah ra, doa memiliki kemuliaan di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di sisi Allah ta'ala selain dari pada doa." (HR. Ahmad, Al-Bukhari, At-Tirmidzi, dan An-Nasa'i)

Dikutip dari buku Doa-Doa Mustajabah oleh Abu Qalbina, dicuplik dari Detik, Rabu, 10 Agustus 2022, berikut kumpulan doa-doa yang bisa dipanjatkan oleh umat Islam:

1. Doa pagi hari

Artinya: "Ya Allah, Karena-Mu kami berpagi hari, karena-Mu kami berada di sore hari, karena-Mu kami hidup, dan dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu kami akan kembali."

Selain itu, umat Islam juga bisa membaca doa berikut sebagaimana disebutkan Imam an-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar (Kitab Induk Doa dan Zikir) sebagai berikut:

Arab-latin: Ashbahn wa ashbahal mulku lillhi wal hamdu lillhi, l ilha illallhu wahdah l syarka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'al kulli syai'in qadr. Rabbi, as'aluka khaira m f hdzihil lailata wa khaira m ba'dah, wa a'dzu bika min syarri m f hdzihil lailata wa khaira m ba'dah. Rabbi, a'dzu bika minal kasli wa s'il kibari. A'dzu bika min 'adzbin fin nri wa 'adzbin dil qabri.

Baca Juga: Bacaan Doa Agar Diberikan Rezeki Melimpah di Tahun 2023

Artinya: "Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,"

Setelah melakukan aktivitas selama seharian di waktu pagi-hingga sore, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa menjelang petang hingga malam hari.

2. Doa sore hari

Arab-latin: 'amsaynaa wa amsal mulku lillah, walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah

Baca Juga: Bacaan Doa di Hari Jumat untuk Memohon Keberkahan Rezeki

Artinya: "Kami memasuki waktu petang hari dan segala kekuasaan hanya milik Allah dan juga segala puji hanya milik Allah, tidak ada sesembahan kecuali Allah Yang Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya."

3. Doa malam hari

Arab-latin: lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai-in qodiir, robbi as-aluka khoiro maa fii hadzihil lailah wa khoiro maa ba'dahaa, wa a'udzu bika min syarri maa fii hadzihil lailah wa syarri maa ba'dahaa, robbi a'udzu bika minal kasali wa su-il kibar, robbi a'udzu bika min 'adzabin fin naari, wa 'adzaabin fil qobri

Baca Juga: Bacaan Dzikir Serta Doa Minta Rezeki Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya

Artinya: "Tuhan Yang Maha Penguasa dan Maha Pemurah. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan di malam ini, dan keburukan hal lainnya. Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada-Mu dari rasa malas dan sombong. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

Sumber: Tantrum.Suara.com (Portal Suara.com)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT