Sukabumi Update

Orangtua Wajib Tahu! Ini Dampak Positif dan Negatif Bermain Latto-latto Bagi Anak

Ilustrasi anak-anak memainkan Latto-latto. | (Sumber : Youtube/@VinWin).

SUKABUMIUPDATE.com - Tren Latto-latto kini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun permainan tersebut punya suara yang mengganggu, ternyata dibaliknya ada sederet manfaat bagi anak-anak..

Menurut Pemerhati Anak Retno Listyarti, latto-latto bisa jadi alternatif yang tepat untuk mengurangi efek kecanduan gawai pada anak.

"Latto-latto yang membenturkan dua bola keras ini memang bisa menjadi alternatif bagi anak-anak untuk sejenak meninggalkan gadget," kata Retno dalam keterangannya, Selasa (10/1/2023), dihimpun dari Suara.com.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Keasyikan memainkan latto-latto muncul ketika berhasil membenturkan dua bandulnya dalam posisi seimbang secara berulang-ulang, hingga menimbulkan efek gerakan seimbang serta bunyi beraturan. Saat itu pula kepuasan bermain latto-latto.

"Semakin lama seorang anak bisa memainkan Latto-latto, maka ia semakin bangga dan menjadi candu, sehingga ingin terus memainkan," ujar mantan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tersebut.

Sebelum memberikan latto-latto kepada anak, Retno mengingatkan ada baiknya orang tua memahami dampak baik dan buruk dari permainan tradisional tersebut.

Baca Juga: Alamat Proxy Whatsapp Server Indonesia dan Cara Settingnya Agar Pakai WA Tanpa Internet

Dampak positif latto-latto:

  • Bisa mengalihkan dan mengurangi dampak kecanduan gawai yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak.
  • Permainan latto-latto bisa menstimulus kemampuan motorik anak. meningkatkan fungsi koordinasi antara kemampuan kognitif dan motorik. Fungsi koordinasi antara kognitif dan motorik halus di tangan itu terjadi ketika anak berusaha memainkan latto-latto hingga menimbulkan bunyi.
  • Melatih anak untuk fokus dan konsentrasi.
  • Melatih anak menjaga keseimbangan
  • Berpotensi memunculkan sikap kompetitif atau mendorong anak untuk mencapai target untuk berjuang sampai bisa memenangkan momen itu.
  • Permainan latto-latto juga dapat menjadi healing secara sederhana. Karena permainan itu mampu membuat anak-anak yang memainkannya tertawa, merasakan senang, dengan harga yang murah dan terjangkau.

Dampak Negatif Latto-Latto

  • Jika permainan latto-latto dilakukan oleh anak di usia yang kurang tepat atau meskipun di usia yang tepat tapi dilakukan secara berlebihan, bisa menimbulkan pembengkakan pada tangan.
  • Bila bolanya pecah maka akan berpotensi kuat menimbulkan cidera pada anak, karena serpihannya bisa mengenai wajah dan mata.
  • Jika talinya putus, maka bolanya bisa membentur tubuh atau benda lain di sekitar yang memainkannya.
  • Bisa jadi 'senjata' yang digunakan untuk memukul ke sesama teman bermain jika terjadi perselisihan.

Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT