TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Tahun Baru Imlek 2023 Segera Tiba, Inilah 7 Tradisi yang Polpuler di Indonesia

Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2023 Segera Tiba, Inilah 7 Tradisi yang Polpuler di Indonesia (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun Baru Imlek untuk orang Tionghoa merupakan salah satu hari besar yang harus dirayakan setiap tahunnya.

Imlek juga menjadi momen penting bagi masyarakat China di seluruh dunia karena memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur dan diharapkan dapat membawa rezeki beserta kemakmuran di tahun yang akan datang.

Di Indonesia sendiri, biasanya warga etnis Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek dengan melakukan sejumlah tradisi seperti kumpul keluarga, berbagi angpao hingga pertunjukkan barongsai. 

Baca Juga: Jadwal Cuti Bersama Imlek 2023, Siap-siap Long Weekend!

Selain itu, adanya tradisi khas Imlek itu membuat perayaan Tahun Baru China menjadi lebih meriah dan spesial. Dan berikut sederet tradisi Imlek yang populer di Indonesia seperti melansir dari Tempo.co.

1. Dekorasi Warna Merah dan Emas

Merah dan Emas kerap mewarnai beragam dekorasi Imlek di Indonesia. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah dipercaya sebagai warna pembawa keberuntungan dan pembawa hoki. Warna merah juga dipercaya bermakna kesejahteraan dan kekuatan.

Selain itu, warna kuning atau emas dalam tradisi rakyat China merupakan warna untuk kaisar. Warna emas melambangkan netralitas dan keberuntungan. Oleh karena itu, kedua warna tersebut kerap menghias dekorasi perayaan Imlek.

2. Petasan dan Kembang Api

Petasan dan kembang api identik digunakan dalam perayaan tahun baru, tak terkecuali perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina. Dentuman suaranya yang keras diyakini bisa menakuti roh jahat dan binatang jahat bernama Nian.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT