TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Bolehkah Tidak Melaksanakan Shalat Jumat Saat Sedang Sakit? Simak Penjelasannya

Ilustrasi. Bolehkah seorang lelaki beragama Islam tidak melaksanakan Shalat Jumat karena sakit? | Foto: Unplash/Ali Arif Soydaş

SUKABUMIUPDATE.com - Shalat Jumat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan untuk kaum laki-laki yang beragama Islam.

Shalat Jumat dilaksanakan setiap hari Jumat saat waktu Dzuhur. Lalu bagaimana jika seorang lelaki sedang mengalami sakit, apakah boleh tidak melaksanakan Shalat Jumat?

Melansir dari Akurat.co, Allah SWT mewajibkan umat Islam melakukan salat Jumat. Salat Jumat kewajibannya langsung Allah tegaskan dalam Al-Qur'an.

Baca Juga: Gambaran Pasar Surga yang Buka Setiap Hari Jumat Menurut Cerita Rasulullah SAW

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya, “Wahai orang yang beriman, bila diseru shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (shalat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya,” (Surat Al-Jumu‘ah ayat 9).

Kemudian disebutkan juga dalam hadits Rasulullah SAW riwayat At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni, orang-orang yang tidak melakukan shalat Jum’at atau meninggalkannya dengan niat meremehkan (tidak ada ‘uzur) maka Allah akan menutup hatinya".

Baca Juga: Jadwal Tayang Preman Pensiun 8, Simak Info Terbarunya Langsung dari Sang Sutradara

Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT