TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Kamu Wajib Tahu! Cara Antisipasi Saat Terjadi Gempa Bumi di Malam Hari

Ilustrasi gempa bumi di malam hari. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Musibah dan bencana alam memang tak mengenal waktu, seperti pada malam tadi Selasa (24/1/2023), gempa bumi magnitudo 4.3 kembali menerjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada pukul 02.45.01 WIB.

Gempa bumi tersebut dirasakan hampir seluruh wilayah Jawa Barat, termasuk Sukabumi. Akibat dari kejadian tersebut, berdasarkan data laporan sementara BPBD Kabupaten Cianjur, setidaknya tercatat ada 8 korban yang mengalami luka ringan dan berat.

Hasil dari analisa BMKG menunjukkan jika gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,3 dan episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratLaut KAB-CIANJUR-JABAR pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Karena Indonesia berada dalam zona cincin api Pasifik (Pacific Ring of Fire), yaitu tempat dimana lempeng-lempeng berbeda di kerak bumi saling bertemu, maka tak heran di tanah air sering terjadi gempa bumi.

Bagi Masyarakat yang hidup didaerah rawan gempa bumi tentu harus tahu ilmu tentang cara menghadapi saat gempa. Ya, gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi, apakah gempa terjadi di siang hari atau di malam hari.

Jika gempa bumi terjadi di malam hari tentunya semuanya pasti akan panik. Maka dari itu sangat penting sekali bagi masyarakat untuk mempunyai pengetahuan hal apa saja yang mesti dilakukan saat terjadi gempa malam hari

Baca Juga: Pikat Turis Timur Tengah, Karang Kontol Sukabumi Diserbu Wisatawan saat Libur Imlek

Lalu, langkah apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi pada malam hari?

Berikut ini terdapat cara-cara yang mesti dilakukan seperti antisipasi gempa bumi saat malam hari yang kami kutip dari laman pusatkrisis.kemkes.go.id.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT