TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Bukan Valentine's Day 14 Februari, Ini Hari Kasih Sayang Dalam Islam

Ilustrasi. Bukan tanggal 14 Februari, Islam memiliki hari kasih sayangnya sendiri yang pernah diungkapkan Rasulullah SAW | Foto: Pixabay/kaboompics

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Kasih Sayang atau Valentine's Day kerap diperingati setiap tanggal 14 Februari hampir di seluruh Dunia.

Tapi tahukah kamu jika dalam Islam Hari Kasih Sayang bukanlah tanggal 14 Februari yang dirayakan banyak orang di dunia itu. Lalu kapan hari kasih sayang Islam?

Melansir dari Suara.com, merangkum NU Online, hari kasih sayang dalam Islam pernah diungkapkan oleh Nabi Muhammad SAW yang disebut dengan “yaumul marhamah”.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Yaumul marhamah sendiri merupakan peristiwa Fathu Makkah pada 10 Ramadhan tahun 8 Hijriah, yang bertepatan dengan tahun 630 Masehi.

Seperti yang kita ketahui, Nabi Muhammad adalah utusan Allah sebagai Rasul untuk membawa rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Dalam menjalani perannya, Nabi Muhammad tak hanya memberi kasih sayang pada sesama muslim, namun juga kepada kaum non-muslim dengan cara membela yang lemah.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Dalam peristiwa fathu Makkah, kaum kafir sedang dalam posisi yang lemah dan Islam berada di puncak dakwah Nabi. Namun Nabi tak mengajarkan kita untuk balas dendam pada musuh, tapi justru memaafkan dan berbuat baik.

Kembali pada peristiwa Fathu Makkah ketika Nabi Muhammad SAW beserta umat Muslim menghadapi kaum kafir Quraish yang dulu membantai Nabi demi merebut kota suci umat Islam, yaitu kota Makkah.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT