Sukabumi Update

Bacaan Doa Hilangkan Rasa Kesal dan Sakit Hati, Hafalkan Agar Diberikan Ketenangan

Ilustrasi Bacaan Doa Hilangkan Rasa Kesal dan Sakit Hati (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Semua manusia di dunia pasti memiliki rasa kesal yang bisa meledak kapan saja. Namun, tidak semua orang dapat menyimpan kekesalan tersebut dalam dirinya. 

Seperti yang sudah diketahui rasa kesal adalah salah satu sifat negatif yang dimiliki manusia. Oleh sebab itu, sebaiknya umat muslim melafalkan bacaan doa untuk hilangkan rasa kesal tersebut.

Karena, diketahui jika tidak bisa menahan rasa kesal bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kalap, sehingga akal sehat tidak dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi, Keluarga: Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

Rasulullah SAW bahkan sejak awal sudah menyadari akan bahayanya kondisi seseorang di bawah pengaruh kemarahan atau kekesalan. 

Oleh karenanya Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk mengatasi amarah yang sedang bergejolak di dalam batin seseorang. 

cara nya yaitu dengan melantunkan doa, dan berikut adalah bacaan doa hilangkan rasa kesal atau amarah dan sakit hati dalam diri seperti yang diajarkan Rasulullah SAW sebagaimana melansir dari Nu Online, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

Doa Hilangkan Rasa Kesal

Allahummaghfirli dzanbi, wa adzhib ghaizha qalbi, wa ajirni minas syaithani. 

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku, redamlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari pengaruh setan.” 

Orang yang sedang dilanda kekesalan, sekurang-kurangnya membaca ta'awudz. Namun lebih baik lagi berwudhulah kemudian tunaikan sholat dua rakaat. Setelahnya berdoalah kepada Allah dan memohon petunjuk kepada-Nya. Riwayat doa ini disebutkan Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar.

Doa Hilangkan Amarah dan Sakit Hati

Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzanbi wadzhib ghoidzho qolbi wa ajirni min mudhillatil fitan.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah."

Doa Meredam Amarah

Allahumma inni as aluka nafsan bika muthmainnah, tu'minu biliqoika wa tardla bi qodlaika wataqna'u bi 'athoika

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT