Sukabumi Update

Berapa Lama Pakai Headphone yang Aman? Terlalu Lama Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

Ilustrasi. Penggunaan headphone tidak dianjurkan terlalu lama karena bisa berakibat buruk untuk indera pendengaran | Foto: Pixabay/PourquoiPas

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang senang menggunakan headphone saat mendengarkan musik atau menonton film di gadget.

Menggunakan headphone dipilih karena beberapa alasan seperti agar tidak mengganggu orang sekitar dan mendapatkan suara yang lebih baik.

Namun, menggunakan headphone juga memiliki beberapa dampak buruk bagi indera pendengaran. Lantas, berapa lama waktu menggunakan Headphone yang baik agar tidak berdampak buruk untuk indera pendengaran?

Baca Juga: 10 Ide Souvenir Pernikahan Unik, dari yang Murah Hingga Mahal

Melansir dari Suara.com yang merujuk laman Health Harvard, Anda sebaiknya tidak menggunakan headphone lebih dari enam puluh menit atau satu jam setiap harinya.

Selain waktu, volume saat menggunakan headset pun harus diperhatikan. Anda dianjurkan untuk mendengarkan musik melalui headset dengan volume tidak lebih dari 60% volume maksimal.

Batasan menggunakan headphone ini memang sebaiknya dilakukan. Sebab, telinga Anda sebenarnya hanya dibatasi untuk mendengar suara pada 80 dB.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

Sementara itu, penggunaan headphone bisa mencapai 120 dB. Di mana pada angka tersebut kerusakan pada telinga menjadi lebih besar. Pasalnya, telinga Anda hanya mampu menahan kekuatan suara 120 dB selama 5–7 menit saja.

Aturan menggunakan headphone

Indra pendengaran Anda bisa mudah rusak karena adanya paparan suara musik yang berlebihan dari penggunaan headphone yang terlalu lama.

Sebagai upaya pencegahan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat menggunakan headphone.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

  • Pilih headphone dengan kemampuan meredam suara dari luar sehingga Anda bisa mendengarkan dengan volume yang lebih rendah.
  • Berilah waktu telinga Anda beristirahat usai menggunakan headphone dalam jangka waktu yang lama. Contohnya saat Anda baru saja mengikuti meeting online.
  • Bawa penutup telinga saat Anda datang ke sebuah tempat yang banyak dikelilingi suara kencang seperti pabrik atau konser.
  • Bicarakan pada dokter jika Anda mulai merasakan sesuatu yang mengganggu di telinga Anda.
  • Apabila Anda merasa telinga mulai berdenging, muncul suara teredam, atau mulai mengalami penurunan kemampuan pendengaran, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

Demikian informasi mengenai batas waktu pemakaian headphone. Meskipun terasa menyenangkan sampai sering membuat lupa waktu, jangan sampai kebiasaan Anda menggunakan headphone justru membuat Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

Sumber: Suara.com/Hillary Sekar Pawestri

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT