Sukabumi Update

5 Kegiatan Edukatif di Sekolah dalam Menyambut Peringatan Isra Miraj

Ilustrasi mengaji - 5 Kegiatan Edukatif di Sekolah dalam Menyambut Peringatan Isra Miraj . | (Sumber : unsplash.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Isra Miraj 1441 Hijriah di tahun ini jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Masjidil Aqsa kemudian menuju Sidratul Muntaha yang dilakukan satu malam.

Mengutip dari artikel Nu Online ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', disebutkan bahwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Sedangkan Miraj adalah dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Masih dikutip dari artikel ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ada hal yang sangat penting bagi semua umat Islam, yaitu ditugaskannya Nabi Muhammad dan umatnya untuk mengerjakan shalat lima waktu. Perintah itu adalah perintah yang langsung dari Allah.

Peringatan Isra Miraj adalah momen yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam hal ini, momen Isra Miraj bisa digunakan sebaik-baiknya oleh siswa-siswi di sekolah.

Mereka harus bisa memanfaatkan momen Isra Miraj untuk tingkatkan pemahaman sejarah Islam, Perintah sholat hingga hikmah-hikmah yang terkandung didalamnya.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Cibolang Mulai Disiapkan, Tunggu Rampung Seksi 2

Mengutip Suara.com, ada beberapa kegiatan Isra Miraj yang bisa dilakukan di sekolah oleh siswa-siswi, antara lain sebagai berikut.

Contoh Kegiatan Isra Miraj di Sekolah dan Pesantren

1. Lomba Tilawatil Al-Quran

Contoh kegiatan Isra Miraj di sekolah maupun pesantren adalah lomba tilawatil Al-Quran. Hal ini bertujuan untuk menguji dan menilai bacaan Al-Quran siswa-siswi sekolah. Selain itu, lomba ini dapat membuat siswa-siswi ini untuk bisa lebih percaya diri untuk membaca Al-Quran di hadapan banyak orang.

2. Lomba Pidato Islam

SIswa-siswi akan diberikan kesempatan untuk berpidato atau bercerita seputar Isra Miraj atau yang lain sebagainya. Perlombaan ini dilakukan untuk melatih siswa-siswi seputar pengetahuan agama Islam secara menyeluruh.

Baca Juga: Datangi Sekolah, Kadisdikbud Kota Sukabumi Bahas Latto-latto dan Penculikan Anak

3. Pengajian Khusus

Pada umumnya, banyak sekolah yang akan menyelenggarakan pengajian akbar yang diikuti seluruh murid dan juga guru. Selain dilakukan saat Isra Miraj, tak jarang sekolah juga melakukan pengajian setiap hari Jumat.

4. Lomba Kaligrafi

Lomba kaligrafi atau menulis indah dalam bahasa Arab ini menjadi perlombaan yang banyak dilakukan saat Isra Miraj. Lomba ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seputar menggambar maupun melukis tulisan Arab.

Baca Juga: 2 Aset Negara yang Dijual Megawati saat Menjadi Presiden

5. Lomba Adzan

Lomba adzan dapat diikuti oleh siswa laki-laki untuk melatih suara dalam mengumandangkan adzan. Apalagi adzan menjadi seruan untuk melaksanakan sholat yang didengar setiap hari. Hal ini akan menambah semangat siswa-siswi untuk menegakkan sholat 5 waktu.

Baca Juga: Telat Minum Obat? ODGJ di Sukabumi Ngamuk Pecah Kaca Rumah Tetangga

Demikian ulasan singkat mengenai contoh kegiatan Isra Miraj yang bisa diikuti oleh murid dan guru di sekolah maupun pesantren. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Sumber: Suara.com (Muhammad Zuhdi Hidayat)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT