Sukabumi Update

Mengenal Childfree yang Heboh Dibicarakan Karena Komentar Gitasav

Gitasav dan Suami Memilih Childfree, (Sumber : Instagram Gitasav)

SUKABUMIUPDATE.com - Istilah Childfree beberapa hari belakangan ini nama kembali diperbincangkan karena sebuah komentar dari influencer Gita Savitri atau Gitasav.

Gitasav membicakan tentang Childfree saat membalas salah satu komentar netizen yang mengatakan jika dirinya tampak awet muda.

Pendapatnya tentang Childfree yang membuat dirinya awet muda itupun sukses menuai pro dan kontra dari netizen. Bahkan seorang TikToker yang terkenal dengan ucapannya yang pedas yaitu, Agnes Jennifer ikut menanggapi komentar Gitasav tersebut.

Baca Juga: Ramai Gitasav Awet Muda Berkat Childfree, Ini Penjelasan Medisnya

Lantas apa sih sebenarnya maksud dari Childfree? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Komentar Gitasav Tentang ChildfreeKomentar Gitasav Tentang Childfree

Menurut Oxford Dictionary istilah childfree adalah sebuah kondisi dimana seseorang atau pasangan memilih untuk tidak memiliki anak.

Sejatinya, keputusan seseorang atau pasangan yang memilih untuk childfree merupakan sebuah pilihan yang bersifat sangat personal atau pribadi. Meskipun begitu, keputusan ini masih dinilai tabu di Indonesia.

Melansir dari WebMD via Suara.com, sebuah survei Pew Research Center tahun 2007 menunjukkan bahwa sikap tentang apakah anak-anak merupakan bagian integral dari suatu hubungan mulai berubah.

Baca Juga: Heboh! Gempa Turki Sudah Diprediksi oleh Peneliti 3 Hari Sebelum Terjadi!

Hanya 41 persen orang Amerika mengatakan anak-anak sangat penting untuk pernikahan yang sukses. 

Alasan yang diberikan pasangan tanpa anak sangat beragam. Bagi banyak orang, mereka tidak memiliki dorongan kuat untuk menjadi orang tua. 

Banyak pasangan menyebutkan batasan keuangan, tantangan pengasuhan anak, dan batasan waktu mengasuh anak juga menjadi alasan tak memiliki anak. 

Baca Juga: Jumlah Korban Jiwa Gempa Turki dan Suriah Melampaui 5.000 Orang

Beberapa memilih untuk tak punya anak karena masalah lingkungan, politik, dan kelebihan populasi di bumi. 

Pasangan-pasangan lain juga beralasan bahwa mereka mengalami masa kecil yang penuh kekerasan dan terlalu terluka untuk menjadi orangtua. Tak sedikit pasangan juga menolak keterbatasan karir saat menjadi orangtua. 

Elaine Gibson, terapis pernikahan dan keluarga yang berbasis di Atlanta dan konselor profesional, mengatakan bahwa banyak orang luar masih membuat asumsi negatif tentang status bebas anak dari pasangan. 

Baca Juga: Sinopsis Film Survivor Dibintangi Milla Jovovich Akan Tayang di Bioskop Trans TV

"Pasangan yang jelas-jelas tidak ingin punya anak menemukan stigma sosial," katanya. 

"Namun ketika pasangan berterus terang dan memiliki banyak hal menarik yang terjadi dalam hidup mereka meski tanpa anak, banyak orang-orang disekitar mereka mengalami energi positif dari orang-orang yang memutuskan tak memiliki anak," imbuh Gibson. 

Pada dasarnya childfree adalah pilihan sadar pasangan untuk tak memiliki anak, baik memiliki kemampuan secara biologis atau tidak untuk memiliki anak..

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT