Sukabumi Update

5 Hewan Peliharaan Berumur Panjang, Nomor Satu Bisa Sampai 100 Tahun

5 Hewan Peliharaan Berumur Panjang, Nomor Satu Bisa Sampai 100 Tahun. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Hewan peliharaan bagi sebagian orang memiliki peranan penting bagi kehidupannya. Hewan peliharaan biasanya dipelihara untuk sekedar hobi ataupun sebagai teman bermain dikala kesepian.

Akan tetapi, hewan peliharaan yang ada didunia ini tidak semuanya berumur panjang, terkadang hewan-hewan itu memiliki umur yang pendek. Sementara banyak orang yang menginginkan hewan peliharaannya berumur panjang karena tak mau kehilangan hewan kesayangan.

Nah, sebelum memiliki hewan peliharaan, ada baiknya mempertimbangkan memilih hewan-hewan yang berumur panjang. Berikut ini 5 hewan peliharaan yang mempunyai umur panjang yang dikutip dari Tempo.co.

1. Kura-kura

Kura-kura menjadi salah satu opsi hewan peliharan yang dapat hidup dengan usia yang panjang. Beberapa jenis kura-kura bahkan telah hidup lebih dari satu abad, seperti kura-kura Sulcata, kura-kura Leopard, atau kura-kura Mesir.

Baca Juga: Progres Ganti Rugi 10 Bangunan Rusak Terdampak Proyek Tol Bocimi di Sukabumi

Mengutip Newsweek, kura-kura tertua masuk dalam buku sejarah yakni Lonesome George yang diperkirakan berusia 100 tahun dengan tubuh yang besar dan masih hidup di Pulau Pinta, Kepulauan Galapagos. Sedangkan jenis kura-kura berukuran kecil seperti Kura-kura Hermann memiliki usia harapan hidup sekitar 50-90 tahun dan cocok dipelihara di rumah.

2. Burung Beo

Hewan satu ini dapat dijadikan opsi hewan peliharan yang cukup menghibur dengan khasnya yang cerewet. Burung beo rupanya mampu hidup lama sekitar 30-50 tahun seperti burung beo abu-abu Afrika. Burung itu salah satu hewan peliharaan tertua di dunia yang hidup mencapai usia 55 tahun.

3. Kuda

Hewan ini juga salah satu hewan tertua dan mampu bertahan hidup lama. Kuda menjadi salah satu hewan yang menemani manusia dalam pertempuran melintasi benua selama beberapa dekade.

Baca Juga: Tanpa Izin, Pembangunan Madrasah Ahmadiyah Parakansalak di Segel Pol PP Sukabumi

Mengutip Newsweek, kuda memang memerlukan usaha pemeliharaan yang baik dari pemiliknya. Kuda juga memerlukan banyak ruang, makanan, dan perawatan. Namun kuda mampu hidup hingga 30 tahun sehingga kuda layak dijadikan pilihan sebagai hewan peliharaan sekaligus teman untuk berpetualang.

4. Ikan Koi

Bagi penyuka hewan air, tentu ikan koi menjadi pilihan bagus untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Ikan koi berasal dari Jepang yang umumnya berwarna jingga atau putih bercampur merah.

Baca Juga: Wajah Baru Pantai Minajaya Sukabumi Manjakan Pengunjung

Di luar Jepang, ikan ini dapat hidup hingga usia rata-rata 15 tahun. Namun bila hidup di tempat asalnya, Jepang, ikan koi dapat bertahan hingga 40 tahun. Ini karena Jepang memiliki musim dingin yang lebih panjang untuk ikan koi berhibernasi.

5. Kucing

Hewan ini tidak sulit ditemukan. Dikutip dari Newsweek, dalam survei pada 2017 menemukan ada 95,6 juta kucing yang tinggal di rumah di AS. Kucing rumahan ini mampu hidup hingga 15 tahun dan dapat dijadikan hewan peliharaan sekaligus teman untuk manusia di rumah.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Kucing di dalam ruangan umumnya akan hidup lebih lama daripada kucing di luar ruangan. Kucing rumahan memiliki harapan hidup rata-rata 10-15 tahun, sedangkan harapan hidup kucing di luar ruangan turun menjadi antara 2-5 tahun.

Sumber: Tempo.co (Putri Safira Pitaloka)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT