Sukabumi Update

Arti Kata Red Flag Dalam Bahasa Gaul? Sering Digunakan di Media Sosial

Ilustrasi. Red flag menjadi salah satu istilah dalam bahasa gaul yang ramai digunakan di media sosial | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam bahasa gaul memang kerap ditemui kata yang cukup asing maupun kata yang memiliki arti berbeda dengan arti kata yang selama ini diketahui.

Salah satu istilah dalam bahasa gaul yang saat ini banyak digunakan di media sosial yakni Red Flag. Istilah red flag ini kerap kali muncul dan digunakan anak muda di media sosial seperti Twitter, Instagram dan Tiktok.

Banyak yang merasa penasaran dengan arti kata red flag tersebut. Lantas, apa arti dari istilah red flag yang ramai digunakan di media sosial itu?

Mengutip dari Akurat.co, secara harfiah jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia red flag artinya bendera merah. Namun berbeda dengan arti dalam bahasa gaul.

Baca Juga: Apa Itu PMO? Bahasa Gaul TikTok yang Wajib Diwaspadai

Dilansir dari laman Collin Dictionary, kata red flag adalah kata yang juga digunakan untuk menunjukan kondisi berbahaya atau tanda bahwa sesuatu seharusnya dihentikan.

Dengan kata lain istilah red flag dapat digunakan untuk menunjukan sesuatu yang mencurigakan atau membahayakan.
Istilah ini menunjukan tanda atau indikator yang menunjukan bahwa sesuatu tidak seperti yang diharapkan.

Misalnya saja dalam berbagai konteks seperti dalam hubungan, pekerjaan, bisnis, hingga politik. Namun kini para netizen dan anak-anak muda di media sosial menggunakan istilah ini menjadi bahasa gaul dan mengaitkannya dalam konteks hubungan.

Baca Juga: Apa Arti Kata Body Count, Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial

Arti kata red flag dalam hubungan

Meskipun secara umum istilah ini bisa digunakan dalam berbagai konteks, namun faktanya banyak orang yang menggunakan kata tersebut dalam konteks percintaan.

Hal ini dapat diartikan bahwa adanya tanda bahaya atau kondisi yang tidak sehat dalam sebuah hubungan yang harus diakhiri.

Suatu hubungan dikatakan red flag bila ditemukan adanya ketidakjujuran, posesif yang berlebihan serta adanya kecurigaan.

Tidak hanya itu, istilah ini bahkan banyak digunakan untuk menunjukan adanya ketidakberesan dalam sebuah hubungan yang mereka jalani.

Misalnya saja, jika seseorang mengabaikan atau mengucilkan pasangan mereka, itu menandakan bahwa hubungan tersebut tidak sehat.

Baca Juga: Apa Arti Kata Slay Dalam Bahasa Gaul? Kerap Digunakan Anak Muda

Ciri-ciri hubungan red flag

1. Overprotektif

Overprotektif terjadi jika seseorang selalu membatasi atau mengontrol kebebasan pasangan mereka. Itu bisa menjadi pertanda bahwa hubungan sudah tidak sehat.

2. Emotional abuse

Emotional abuse bisa ditandai ketika seseorang sering mengejek, menyalahkan pasangan mereka secara emosional.

3. Tidak mau membicarakan masalah

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang selalu mengelak atau menghindari permasalahan dalam sebuah hubungan. Bahkan pasangan menolak serta enggan untuk membahas permasalahan yang ada.

Baca Juga: Bikin Malu dan Gak PD, Ini Cara Mencegah Perut Buncit yang Jadi Sarang Penyakit

4. Penyiksaan fisik

Penyiksaan fisik yang dilakukan bisa dikatakan sebagai red flag yang sangat serius dan harus dihindari. Penyiksaan fisik bisa dicirikan dengan adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pasangan.

Kekerasan fisik bisa berupa perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit, atau luka berat.

5. Pasangan tidak dapat menerima perbedaan (toleransi)

Masing-masing dari pasangan selalu mempertahankan egonya. Sehingga mereka cenderung tidak bisa saling menerima perbedaan.

Jika seseorang tidak dapat menerima perbedaan yang ada, pada sebuah hubungan maka itu bisa dikatakan sebagai red flag yang berarti bahwa hubungan tersebut tidak dalam keadaan baik-baik saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai red flag dalam bahasa gaul yang harus diketahui agar tidak salah dalam menggunakan kata tersebut.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT