Sukabumi Update

Bacaan Doa Iftitah Lengkap dengan Arti serta Keutamaannya Membuka Pintu Langit

Bacaan Doa Iftitah Lengkap dengan Arti serta Keutamaannya Membuka Pintu Langit (Sumber : rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Bacaan doa iftitah merupakan bacaan amalan sunnah yang dilafalkan setelah gerakan takbiratul ihram pada rakaat pertama dan sebelum membaca surat Al-Fatihah dalam shalat. 

Doa iftitah juga merupakan doa yang dianjurkan atau sunnah oleh Rasulullah SAW. Artinya jika seorang muslim membaca doa ini maka akan diberikan tambahan pahala, sedangkan jika tidak membaca doa tersebut juga tidak menyebabkan dosa.

Doa iftitah berisikan kalimat pujian atas kebesaran Allah SWT. Selain itu, doa ini juga merupakan ungkapan permohonan untuk mendapatkan perlindungan dan ampunan dari sang maha pencipta.

Baca Juga: Viral Pendaki Menyalakan Bom Asap di Gunung Gede, Berikut Pernyataan BBTNGGP

Berikut adalah bacaan doa iftitah beserta arti dan keutamaannya yang dianjurkan dilakukan oleh umat muslim agar menambah pahala.

1. Bacaan Doa Iftitah dan Artinya

Allaahu akbaru kabiraa Walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan waashiilaa, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Innas-sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya: "Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku ibadahku, hidupku dan matiku semata-mata untuk Allah seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagi-Nya. Dan aku dari golongan orang muslimin."

2. Keutamaan Doa Iftitah

Dalam buku berjudul '200 Amal Saleh Berpahala Dasyat oleh Abdillah F.Hasan, diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, dijelaskan bahwa "Ketika kami shalat bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba seseorang mengucapkan Allaahu akbaru kabiraa Walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan waashiilaa."

Setelah shalat, Rasulullah SAW bertanya, "Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi?".

Seorang sahabat menjawab, "Saya wahai Rasulullah. 'Beliau lalu bersabda, 'Sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu."

Ibu Umar pun mengatakan, "Maka aku tidak pernah meninggalkannya (membaca doa iftitah) semenjak aku mendengar Rasulullah SAW mengucapkan hal itu." (HR Bukhari.) 

Sumber: Suara.cam (Lolita Valda Claudia)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT