Sukabumi Update

Bacaan Doa Hujan Agar Berhenti dan Dijauhkan dari Marabahaya saat Cuaca Buruk

Ilustrasi Hujan. Bacaan Doa Hujan Agar Berhenti dan Dijauhkan dari Marabahaya saat Cuaca Buruk | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa hari terakhir ini sebagian wilayah di Indonesia kerap kali diguyur hujan hingga menyebabkan hal merugikan salah satunya adalah banjir.

Dalam Islam, ada bacaan doa hujan agar berhenti dan tidak banjir serta dijauhkan dari berbagai macam marabahaya lainnya seperti yang diriwayatkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW oleh Imam Bukhari.

Rasulullah SAW mengajarkan pada umatnya untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan apapun termasuk saat hujan turun.

Baca Juga: 5 Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan, Kamu Berani Coba?

Dan berikut adalah bacaan doa agar hujan berhenti serta dijauhkan dari segala marabahaya yang mengintai saat cuaca ekstrem, seperti melansir dari Suara.com.

Doa Hujan Berhenti, Tidak Banjir dan Dijauhkan dari Marabahaya

Dari hadist di atas, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan doa agar hujan berhenti. Berikut ini adalah doa hujan agar tidak banjir yang sesuai dengan hadist di atas.

Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari

Artinya: "Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan", (HR Bukhari Muslim).

Kemudian, ada juga bacaan doa agar hujan yang turun memberikan manfaat dan tidak menjadi banjir. Doa ini berasal dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Aisyah RA:

"Allahumma shayyiban nafi’an", yang artinya: "Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat", (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Itulah bacaan doa hujan agar berhenti dan tidak terjadi banjir yang bisa diamalkan oleh setiap Muslim. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber: Suara.com

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT