Sukabumi Update

Anak Sekolah Sulit Bangun Pagi? Simak 5 Alasan Biologisnya

Ilustrasi - Anak Sekolah Sulit Bangun Pagi? Simak 5 Alasan Biologisnya. | (Sumber : Freepik.com/@ gpointstudio.)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orangtua terkadang harus berteriak-teriak untuk membangunkan anak-anaknya agar bisa bangun pagi supaya tidak terlambat ke sekolah. Namun, yang terjadi adalah anak-anak tetap saja sulit untuk dibangunkan.

Hal tersebut tentunya membuat sebagian orangtua marah dan menguji kesabaran mereka. Sampai akhirnya, tak sedikit para orangtua yang mengeluarkan kata-kata kasar hingga melakukan perlakuan kasar kepada anak.

Akan tetapi, ada beberapa alasan yang membuat anak sekolah sulit bangun tidur. Biasanya mereka masih mengantuk ataupun belum terbiasa untuk bangun di pagi hari. Alasan itu bisa dilihat dari faktor biologis yang menyebabkan anak-anak susah bangun pagi.

Baca Juga: 2 Jembatan Penghubung Sukabumi Bogor Longsor, Potensi Kemacetan Hingga Gagal Mudik

Ketika orangtua mengetahui alasan anak sulit bangun pagi. Maka akan ditemukan solusinya, dari permasalahan tersebut. Berikut merupakan 5 alasan yang membuat anak sulit bangun pagi yang dikutip via Yoursay.suara.com (Portal Suara.com).

1. Tidur Terlalu Malam

Alasan pertama yang membuat anak sulit bangun di pagi hari adalah karena saat malam ia tidur terlalu malam. Ketika kebiasaan ini tidak dikendalikan, maka sebagai orang tua harus memberikan waktu untuk anak begadang boleh tidur larut malam saat libur. Dan ketika saat jam sekolah anak tidak boleh tidur terlalu larut.

2. Kebiasaan Begadang

Anak adalah imitasi orang taunya, jadi ketika kamu memiliki kebiasaan begadang maka jangan salahkan anakmu ketika mereka meniru kebiasaan tersebut. Kebiasaan begadang ini akan mempengaruhinya saat pembelajaran di sekolah. Anak akan kurang fokus pada saat pembelajaran.

Baca Juga: Hujan Awet di Sukabumi, Peneliti Ungkap Dua Fenomena Langka Ini Penyebabnya

3. Orang Tua Masih Menonton TV

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa anak adalah imitasi orang tuanya. Maka orang tua wajib memberikan contoh terbaik untuk anak. Anak yang sulit tidur sehingga tidur terlalu larut bisa jadi disebabkan karena orang tua masih menonton TV. Dengan aktivitas yang dijalankan orang tua tersebut, anak akan ikut nyrimbung menonton TV. Hal tersebut yang membuat anak tidur terlalu larut malam sehingga saat pagi ia sulit untuk dibangunkan.

4. Anak Tidak Memiliki Jadwal Tidur

Setiap orang tua harus membuat jadwal tidur untuk anaknya. Jika kamu ingin anakmu menjadi anak yang teratur maka buatlah jam tidur dan jam bangun yang harus disepakati oleh kedua belah pihak. Antara orang tua dan anak, harus menjaga konsistensi dan membuat konsekuensi ketika melanggar.

5. Orang Tua Tidak Tegas

Setelah aturan dibuat, orang tua harus tegas memberikan konsekuensi ketika anak tidak bisa bangun pagi. Dengan ini anak akan berlatih untuk bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Ia akan melatih tubuhnya untuk bangun dan tidur di waktu yang telah dibiasakan.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Itulah lima alasan yang membuat anak sulit bangun pagi. Semoga bermanfaat.

Sumber: Yoursay.suara.com (Portal Suara.com)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT