Sukabumi Update

Masih Jadi Misteri, Ini 3 Kota Gaib di Indonesia yang Bikin Merinding

Ilustrasi. Beberapa kota gaib di Indonesia ini masih menjadi misteri dan kerap menjadi perbincangan hangat di masyarakat | Foto: Pixabay/carloyuen

SUKABUMIUPDATE.com - Selain keberadaan sosok gaib di Indonesia juga diyakini ada beberapa kota gaib yang masih menjadi misteri hingga sekarang. Banyak yang menganggap kota tersebut hanyalah imajinasi belaka, namun tak sedikit pula yang mempercayainya.

Namun, keberadaan kota gaib tersebut selalu menjadi perbincangan hangat terutama di media sosial. Bahkan belakangan muncul gambar-gambar yang disebut sebagai penampakan kota gaib di Indonesia.

Salah satunya seperti yang beberapa waktu lalu ramai di media sosial yang menyebut sebuah kota gaib dengan nama Saranjana secara tak sengaja tertangkap kamera.

Gambar siluet kota yang tampak di belakang seorang wanita yang menjadi objek foto itu pun viral di media sosial. Namun, hal tersebut hanya sebatas klaim saja. Hingga saat ini belum ada bukti dengan hadirnya kota gaib tersebut.

Baca Juga: Apun Gencay, Wanita Cantik Asal Sukabumi dalam Tewasnya Bupati Cianjur

Selain itu di Indonesia sendiri ada beberapa kota gaib yang selalu diceritakan dan masih menjadi misteri hingga saat ini, apa saja?

Dilansir dari Akurat.co merujuk beberapa sumber, Kamis (2/3/2023), berikut kota gaib di Indonesia yang dipercaya banyak orang tentang keberadaannya.

1. Kota Saranjana (Kalimantan)

Kota gaib di Indonesia yang paling banyak dipercaya, yaitu kota Saranjana yang terletak di wilayah Pulau Kalimantan. Lokasi tepatnya memang belum diketahui masyarakat, namun keberadaannya diduga berada di Pulau Halimun atau dikenal dengan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru.

Menurut beberapa orang, penduduk kota Saranjana memiliki paras yang rupawan. Selain itu, kota ini diyakini merupakan kota yang memiliki banyak kendaraan mewah. Kisah yang paling sering didengar adalah adanya alat berat tak bertuan.

Pada tahun 1980-an, pemerintah setempat sempat dikagetkan dengan kedatangan sejumlah alat berat yang merupakan pesanan dari Jakarta. Alat berat tersebut memiliki nilai yang sangat mahal dan pengirimnya merupakan seseorang dengan alamat kota Saranjana. Bahkan, pesanan tersebut sudah dibayar lunas.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Padahal, kota Saranjana tak pernah terdata secara administratif dan keberadaannya yang belum jelas. Dari cerita yang beredar, kota ini memiliki wilayah yang sangat maju dengan jalan raya lebar.

Gedung-gedung kota dan perumahan yang megah serta pagar rumah tinggi. Namun, kononnya manusia yang berusaha masuk ke kota Saranjana tidak akan ingin kembali pulang ke dunia nyata lagi karena takjub dengan kota misteri tersebut.

2. Kota Wentira (Sulawesi)

Selanjutnya ada kota Wentira, yang termasuk kota gaib di Indonesia. Wilayah ini dipercaya merupakan kota megah yang terletak di Sulawesi. Keberadaan tentang kota Wentira telah menghebohkan banyak orang dan pernah menjadi topik di salah satu acara TV nasional.

Wentira dipercaya adalah tempat kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah. Wentira atau disebut dengan kota hantu ditandai dengan adanya tugu berwarna kuning, Tugu tersebut yang dipercaya sebagai gerbang menuju kota hantu, Wentira.

Baca Juga: Kisah Guling Munding dan Anak Baju Merah di Jalur Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi

Selain itu, Wentira memiliki tujuh panglima perang dengan bala tentara yang banyak. Saking banyaknya, bisa menutupi seluruh lautan Indonesia.

Menurut beberapa orang, Wentira digambarkan dengan kerajaan yang megah dan maju, serta memiliki aneka bangunan yang dilapisi emas. Penduduk Wentira hampir mirip dengan manusia secara fisik, namun mereka tidak memiliki garis tengah di bibir.

3. Padang 12 (Kalimantan)

Kota gaib di Indonesia selanjutnya ada Padang 12. Keberadaan Padang 12 terletak di wilayah Ketapang. Menurut warga sekitar, wilayahnya seluas 12 km persegi yang diisi oleh tumbuhan hijau. Di tempat tersebutlah, konon hidup masyarakat tak kasat mata yang tinggal dengan kemewahan. Rumah-rumah di kota tersebut terbuat dari emas.

Baca Juga: 36 Bakal Calon DPD Jabar Tidak Lolos Verifikasi Faktual

Dari kepercayaan orang setempat, hanya orang tertentu saja yang bisa melihat kotak Padang 12. Terkadang penduduk kota gaib tersebut pernah belanja di pasar di Ketapang.

Warga yang belanja tidak menggunakan uang rupiah, melainkan menggunakan kunyit dan rempah lain yang biasa digunakan sebagai bahan masakan. Kunyit yang dikasih, akan berubah menjadi emas di keesokan harinya. Diduga lokasi kawasan Padang 12 hanya 30 menit dari Pontianak.

Itulah tiga kota gaib di Indonesia yang sangat dipercaya kebenarannya hingga saat ini.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT