Sukabumi Update

5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Mampu Turunkan Kolesterol

Manfaat buah naga menjadi salah satu buah dari keluarga tanaman kaktus ini begitu diminati selain rasanya yang manis | Foto: Pixabay/anwarajisuseno

SUKABUMIUPDATE.com - Buah naga menjadi salah satu buah-buahan yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi salah satu alasan buah ini disukai.

Buah naga sendiri bukan buah endemik Indonesia. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, banyak dibudidayakan di negara-negara lain termasuk Indonesia.

Buah naga merupakan keluarga tanaman kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Bunga dari tanaman ini sendiri hanya mekar di malam hari.

Melansir dari Akurat.co, Buah naga awalnya dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias pada tahun 1870.
Orang-orang Vietnam dan China menganggap buah ini bisa membawa berkah dan banyak dibudidayakan.

Baca Juga: Bukan Bidara, Inilah Manfaat Hingga Mitos Dewandaru yang Banyak Tumbuh di Sukabumi

Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari banyak sumber, Kamis (2/3/2023), inilah sejumlah manfaat buah naga:

1. Meredakan peradangan

Manfaat buah naga salah satunya adalah meredakan peradangan. Buah naga kaya akan flavonoid, salah satunya jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Buah naga juga diyakini dapat meredakan nyeri dan peradangan pada penderita rheumatoid arthritis. Buah naga bisa dimakan langsung atau dibuat minuman seperti jus.

Baca Juga: Daun Kemangi atau Surawung, Inilah 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan

2. Menjaga kesehatan usus

Buah naga diyakini dapat menjaga kesehatan usus. Banyak peneliti percaya komunitas mikroorganisme ini dapat mempengaruhi kesehatan. Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Buah naga juga mengandung prebiotik dan dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

3. Mengencangkan kulit

Mengingat buah naga sumber antioksidan yang baik karena tingginya vitamin C maka bisa menjadi salah satu makanan yang memiliki dampak positif terhadap kulit. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Sakit Maag

4. Meningkatkan kadar zat besi

Salah satu manfaat buah naga adalah karena buah ini memiliki kandungan zat besi. Zat ini memiliki peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, zat besi memiliki peran seperti kendaraan. Buah naga memiliki peran penting dalam memecah makanan menjadi energi.

Beberapa orang tidak memiliki zat besi yang cukup dan untuk memenuhi kebutuhan zat besi diperlukan mengonsumsi buah yang memiliki kadar zat besi yang tinggi seperti buah naga.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

5. Menurunkan kolesterol

Ternyata buah naga memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol. Kandungan serat dalam buah naga juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Biji-biji kecil yang terdapat dalam daging buah naga juga dapat menurunkan kolesterol. Biji-biji di dalam buah naga mengandung omega-3 dan omega-9. Itulah berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan.

Sumber: Akurat.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT