Sukabumi Update

Salat Istikharah: Simak Bacaan Niat, Waktu Pelaksanaan Hingga Tata Caranya

Ilustrasi. Salat Istikharah menjadi salat sunnah umumnya dilakukan Muslim untuk meminta petunjuk Allah SWT ketika dilanda kebingungan dalam memutuskan suatu pilihan | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Selain salat wajib, dalam Islam juga diketahui ada banyak salat sunnah yang memiliki keutamaan masing-masing, salah satunya yaitu salat Istikharah.

Sholat istikharah sendiri merupakan salat yang umumnya dilakukan oleh seorang muslim untuk meminta petunjuk pada Allah SWT atas dua atau beberapa pilihan. Yang pada intinya orang tersebut tengah dilanda kebingungan dalam memutuskan suatu pilihan.

Melansir dari Suara.com, berikut penjelasan lengkap tentang tata cara dan niat salat istikharah dua rakaat yang dirangkum dari laman NU Online.

Hukum salat istikharah merupakan sunnah yang sangat dianjurkan, sesuai dengan anjuran Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar. Rasulullah dalam hadits riwayat Jabir Ibn Abdillah ra bersabda:

Baca Juga: 7 Keutamaan Salat Dhuha, Tidak Hanya Diberi Kecukupan Rezeki

"Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (sholat) dua rakaat : kemudian berdoa…" (HR al-Bukhari).

Istikharah adalah upaya memohon pada Allah agar diberikan pilihan terbaik akan hal yang kita berhak untuk memilih antara mengerjakan dan meninggalkan.

Meskipun redaksi dalam hadits di atas menggunakan kata ‘al-amr’ yang berarti urusan bermakna umum, namun untuk berbagai perkara yang sifatnya wajib tak perlu melakukan sholat istikharah.

Niat Salat Istikharah dua Rakaat

"Ushollii sunnatal istikharati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala."

Artinya: "Saya niat salat istikharah dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

Baca Juga: Bacaan Doa Saat Tertimpa Musibah yang Dapat Diamalkan Umat Muslim

Waktu Pelaksanaan Salat Istikharah

Shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja kecuali di waktu-waktu terlarang untuk melakukan salat. Meski demikian ada beberapa waktu terbaik untuk melakukan sholat istikharah.

M. Shodiq Mustika dalam bukunya yang berjudul "Rahasia Shalat Istikharah"menulis waktu terbaik untuk salat istikharah adalah sepertiga malam layaknya sholat tahajud.

Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW, yang menyebut sepertiga malam sebagai waktu mustajab terkabulnya doa.

Baca Juga: Skenario Gempa Sesar Cimandiri Menurut BMKG, Magnitudo 6,7 Untuk Wilayah Sukabumi

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni," (HR Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Salat Istikharah

Membaca niat salat istikharah 2 rakaat lalu ketika melakukan rakaat pertama setelah baca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat al-Kafirun.

Rakaat kedua setelah al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas, kemudian setelah salam membaca doa seperti di bawah ini:

Baca Juga: Peran 3 ABH dalam Kasus Pembacokan Siswa SD di Palabuhanratu Sukabumi

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Baca Juga: 3 Film Kartun yang Berbahaya Ditonton Anak-anak, Mengandung Unsur Kekerasan

Lalu bagaimana kita mengetahui keputusan yang tepat setelah melaksanakan sholat istikharah?

Umumnya, setelah melakukan shalat akan muncul perasaan tenang dan mantap pada salah satu pilihan.

Nu Online menulis keputusan itu bisa juga diketahui lewat mimpi atau dengan isyarat dan simbol tertentu. Jika masih ragu, Salat istikharah bisa diulangi dua hingga tiga kali.

Demikian penjelasan tentang niat sholat istikharah 2 rakaat, lengkap dengan tata caranya. Semoga tulisan ini mencerahkan para pembaca.

Sumber: Suara.com/Rima Suliastini

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT