Sukabumi Update

Doa dan Amalan Menyambut Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

Ilustrasi. Doa dan Amalan Menyambut Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan Umat Muslim. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan merupakan bulan suci yang penuh keistimewaan dan paling dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dalam menyambut bulan yang istimewa ini, umat Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa dan amalan untuk menyambut Ramadan.

Doa dan amalan yang dikerjakan menjelang Ramadan dapat mendatangkan pahala yang berlipat-lipat. Selain itu, Melantunkan doa menyambut Ramadan adalah sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, keselamatan, kekuatan menjelang datangnya bulan Ramadan.

Bahkan, memanjatkan doa dan amalan menyambut Ramadan merupakan salah satu amalan baik yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dikutip dari laman NU Online, terdapat sejumlah doa dan amalan untuk menyambut bulan Ramadan.

Doa Kesatu

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا


“Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Baca Juga: 2 Orang Tewas, Ini Kronologis Kecelakaan Maut di Cibeber Sukabumi

Artinya:

Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat menuju bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311)

Doa Kedua

اللّٰهمَّ أَظَلَّ شَهْرُ رَمَضَانَ وَحَضَرَ، فَسَلِّمْهُ لِي وَسَلِّمْنِي فِيهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي، اللهمَّ ارْزُقْنِي صِيَامَهُ وَقِيَامَهُ صَبْرًا واحْتِسَابًا، وَارْزُقَنِي فِيْهِ الْجَدَّ وَالْإِجْتِهَادَ والقُوَّةَ والنَّشَاطَ، وَأَعِذْنِي فِيهِ مِنَ السّآمَةِ وَالفَتْرَةِ وَالكَسَلِ والنُّعَاسِ, وَوَفِّقْنِي فيه لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاجْعَلهَا خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Allahumma adhalla syahru ramadhâna wa hadlara, fa sallimhu lî wa sallimnî fîhi wa tasallamhu minnî. Allahummarzuqnî shiyâmahu wa qiyâmahu shabran wahtisâban, warzuqnî fîhil jadda wal ijtihâda wal quwwata wan nasyâtha, wa a’idznî fîhi minassâmati wal fatrati wal kasali wan na’âsi, wawaffiqnî fîhi li lailatil qadri waj’alhâ khairan min alfi syahrin.”

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

Artinya:

Ya Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah bulan Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku dengan selamat ke dalamnya, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan niat tulus mengharap [pahala dan ridha-Mu] atas puasa [Ramadhan]ku dan [qiyamul lail]ku.

Ya Allah, karuniailah aku dalam bulan Ramadhan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. Ya Allah, lindungilah aku dalam bulan Ramadhan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/banyaknya kantuk. Ya Allah, sukseskanlah aku dalam mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadhan ini, dan jadikanlah pahala atau kebaikannya lebih baik dari seribu bulan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312)

Doa Ketiga

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Allahumma salimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya:

Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat kepada bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku juga dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312).

Amalan Menyambut Ramadan

1. Membayar Hutang Puasa

Membayar hutang puasa untuk menyambut Ramadan adalah amalan yang wajib dilakukan. Terlebih jika seseorang yang masih memiliki hutang puasa pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Film Buya Hamka Rilis Teaser Poster, Dijadwalkan Tayang Saat Libur Lebaran

Periode membayar hutang puasa ini bisa dilakukan hingga masa berakhirnya bulan Sya'ban.

2. Memperbanyak Membaca Al-Qur'an

Amalan yang dianjurkan untuk menyambut Ramadan adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Bahkan, memperbanyak membaca Al-Quran dapat melipat gandakan pahala dan membuat hati tenang.

3. Berdoa Supaya Bisa Bertemu dengan Bulan Ramadan

Berdoa adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan juga sebagai amalan dalam menyambut Ramadan tahun ini. Doa ini sebagai harapan seorang hamba agar dapat berjumpa dengan bulan yang penuh keberkahan dan ampunan ini.

4. Niat

Niat adalah amalan yang penting dilakukan untuk menyambut Ramadan. Dengan niat, umat Muslim dapat termotivasi untuk melaksanakan ibadah dengan penuh perasaan senang dan gembira.

5. Silaturahmi

Amalan selanjutnya untuk menyambut Ramadan adalah silaturahmi dengan sanak keluarga. Kegiatan ini dengan tujuan untuk saling memaafkan atas kesalahan yang disengaja maupun yang tidak.

Baca Juga: Erick Thohir Larang Seluruh Kegiatan di SUGBK, Termasuk Laga Persija vs Persib

Hal ini bertujuan agar hati dan jiwa kita bersih, penuh ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT