Sukabumi Update

4 Doa Menyambut Ramadan Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Ilustrasi berdoa - 4 Doa Menyambut Ramadan Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Artinya. | (Sumber : Pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan 2023 sauh dalam hitungan hari, dibulan yang suci ini umat Muslim dianjurkan mengamalkan doa menyambut Ramadan.

Memanjatkan doa menyambut Ramadan adalah sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, keselamatan, kekuatan menjelang datangnya bulan Ramadan.

Terlebih, mengamalkan doa menyambut Ramadan merupakan salah satu amalan baik yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dikutip dari laman NU Online, terdapat sejumlah doa-doa yang dikumpulkan Imam ath-Thabrani yang dapat dibaca untuk menyambut Ramadan.

Doa 1

اللهمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî”.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Cocok untuk Stok Selama Bulan Ramadan

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai “maaf”, maka maafkanlah diriku). (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312).

Doa 2

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا


“Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Baca Juga: Tak Perlu Tes Lagi, 3.043 Pelamar Jadi P1 Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2023

Artinya:

Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat menuju bulan Ramadan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311)

Doa 3

اللّٰهمَّ أَظَلَّ شَهْرُ رَمَضَانَ وَحَضَرَ، فَسَلِّمْهُ لِي وَسَلِّمْنِي فِيهِ وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي، اللهمَّ ارْزُقْنِي صِيَامَهُ وَقِيَامَهُ صَبْرًا واحْتِسَابًا، وَارْزُقَنِي فِيْهِ الْجَدَّ وَالْإِجْتِهَادَ والقُوَّةَ والنَّشَاطَ، وَأَعِذْنِي فِيهِ مِنَ السّآمَةِ وَالفَتْرَةِ وَالكَسَلِ والنُّعَاسِ, وَوَفِّقْنِي فيه لِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَاجْعَلهَا خَيْرًا مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Allahumma adhalla syahru ramadhâna wa hadlara, fa sallimhu lî wa sallimnî fîhi wa tasallamhu minnî. Allahummarzuqnî shiyâmahu wa qiyâmahu shabran wahtisâban, warzuqnî fîhil jadda wal ijtihâda wal quwwata wan nasyâtha, wa a’idznî fîhi minassâmati wal fatrati wal kasali wan na’âsi, wawaffiqnî fîhi li lailatil qadri waj’alhâ khairan min alfi syahrin.”

Baca Juga: Lowongan Kerja Driver untuk Lulusan SMA/SMK Sederajat, Cek Kualifikasinya Disini!

Artinya:

Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah bulan Ramadan kepadaku, dan sampaikanlah aku dengan selamat ke dalamnya, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan niat tulus mengharap [pahala dan ridha-Mu] atas puasa [Ramadan]ku dan [qiyamul lail]ku.

Ya Allah, karuniailah aku dalam bulan Ramadan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. Ya Allah, lindungilah aku dalam bulan Ramadan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/banyaknya kantuk. Ya Allah, sukseskanlah aku dalam mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadan ini, dan jadikanlah pahala atau kebaikannya lebih baik dari seribu bulan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312)

Doa 4

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Allahumma salimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya:

Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat kepada bulan Ramadan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku juga dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312).

Baca Juga: Pempek Masuk 5 Besar Olahan Seafood Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Itulah empat doa menyambut Ramadan yang telah dikumpulkan oleh Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani. Dengan mengamalkan doa itu, semoga saja ibadah puasa tahun ini menjadi titik awal perbaikan diri kita masing-masing. Aamiin.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT