Sukabumi Update

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Artinya

Ilustrasi. Doa ziarah kubur bisa dibacakan saat mengunjungi kuburan kerabat yang telah meninggal | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Doa ziarah kubur menjadi salah satu doa yang harus dipanjatkan ketika melakukan ziarah kubur. Mengunjungi kuburan kerabat yang telah lebih dulu berpulang menjadi hal yang umum dilakukan umat Muslim khususnya di Indonesia.

Apalagi menjelang bulan Ramadan, orang-orang akan melakukan ziarah kubur untuk mendoakan kerabat yang telah meninggal.

Doa ziarah kubur sendiri dinilai tidak hanya memiliki manfaat untuk orang-orang yang masih hidup, tetapi juga untuk mereka yang sudah meninggal. Mereka akan mendapatkan pahala dari apa yang didoakan oleh orang yang masih ada di dunia.

Hukum melakukan ziarah kubur sendiri adalah dibolehkan (mubah), bahkan sebagian ulama menganggap ziarah kubur sebagai amalan sunnah. Pasalnya saat kita berziarah yang dilafazkan adalah kalimat-kalimat thayyibah, seperti membaca Al-Qur'an, istighfar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Doa Mandi Wajib untuk Pria dan Wanita Sebelum Puasa Ramadan 2023

Disebutkan juga dalam sebuah riwayat yang artinya: "Dari Buraidah, ia berkata Rasulullah SAW bersabda “Saya pernah melarang kamu berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah! Karena perbuatan itu dapat mengingatkanmu pada akhirat."

Berikut doa ziarah kubur yang bisa dibaca saat berziarah kubur menjelang Ramadan

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، سُبْحَانَكَ لَا نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَلَكَ الحَمْدُ قَبْلَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ بَعْدَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ عَنَّا دَائِمًا أَبَدًا

وَاجْعَلِ اللهُمَّ ثَوَابًا مِثْلَ ثَوَابِ ذَالِكَ فِي صَحَائِفِنَا وَفِي صَحَائِفِ وَالِدِيْنَا وَمَشَائِخِنَا وَالسَّادَاتِ الحَاضِرِيْنَ وَوَالِدِيْهِمْ وَمَشَائِخِهِمْ خَاصَّةً وَإِلَى أَمْوَاتِ المُسْلِمِيْنَ عَامَّةً

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِسُبْحٰنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَۚوَسَلٰمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَۚوَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Baca Juga: Bedil Lodong Atau Meriam Bambu, Salah Satu Tradisi Ngabuburit Bulan Ramadan

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu.

Maha suci Engkau, kami tidak (dapat) menghitung pujian atas diri-Mu sebagaimana Kaupuji diri sendiri. Hanya bagi-Mu pujian sebelum ridha. Hanya bagi-Mu pujian setelah ridha. Hanya bagi-Mu pujian ketika Kau meridhai kami selamanya.”

Ya Allah, turunkanlah rahmat yang luas kepadanya (arwah ahli kubur) dengan berkat Al-Qur’an yang agung, ampunilah ia dengan ampunan yang luas, wahai Penguasa dunia dan akhirat, Tuhan sekalian alam.

Baca Juga: Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Lengkap dengan Arti dan Tata Caranya

Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun.

Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.

Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam."

Semoga orang-orang yang sudah mendahului Anda diberikan ampunan oleh Allah SWT. Semoga mereka ditempatkan oleh-Nya di sisi yang paling mulia. Amin.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT