Sukabumi Update

Ngabuburit Main Mobile Legends saat Puasa Apakah Haram? Ini Penjelasannya

Ilustrasi. Ngabuburit Main Mobile Legends saat Puasa Apakah Haram? Ini Penjelasannya (Sumber : via Iconic MNL)

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti diketahui, ngabuburit adalah salah satu kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh umat muslim saat puasa di bulan Ramadan.

Ada banyak kegiatan ngabuburit yang dapat dilakukan, seperti membaca, menonton, jalan-jalan, atau bisa main Mobile Legends bersama teman.

Akan tetapi, beberapa orang ada yang menganggap jika bermain Mobile Legends saat puasa dapat membatalkan ibadah tersebut. 

Baca Juga: Lafaz Allah Jadi Motif Baju Transparan, Brand Fashion dari Australia Tuai Kecaman

Lantas apakah benar hukum ngabuburit dengan main game mobile legend haram? Simak penjelasannya di bawah ini.

Melansir dari Hitekno.com, menurut beberapa sumber, hukum bermain Mobile Legends dalam Islam adalah boleh (mubah atau makruh) selama tidak ada unsur yang diharamkan dalam syariat, seperti perjudian, mengumpat, berkata kasar, melalaikan kewajiban agama, dan sebagainya.

Sementara itu, melansir dari Akurat.co, bermain game termasuk Mobile Legends dalam Islam dibolehkan selama tidak ada unsur perjudian. Sebagaimana disebutkan Bincangsyariah.com dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah berikut:

Baca Juga: 4 Hero Mobile Legends Terkuat Paling OP, Bikin Musuh Takut

واجمع المسلمون على جواز المسابقة في الجملة

Artinya: “Kaum muslimin sepakat mengenai kebolehan perlombaan secara keseluruhan.”

Keterangan diatas juga selaras dengan penjelasan dalam kitab Minhaj al-Thalibin, juz 4, halaman 311 berikut:

كِتَابُ الْمُسَابَقَةِ وَالْمُنَاضَلَةِ هُمَا سُنَّةٌ وَيَحِلُّ أَخْذُ عِوَضٍ عَلَيْهِمَا، وَتَصِحُّ الْمُنَاضَلَةُ عَلَى سِهَامٍ وَكَذَا مَزَارِيْقُ وَرِمَاحٌ وَرَمْيٌ بِأَحْجَارٍ وَمَنْجَنِيْقٍ وَكُلُّ نَافِعٍ فِيْ الْحَرْبِ عَلَى الْمَذْهَبِ

Artinya: “Kitab tentang lomba balap dan lomba membidik. Keduanya sunah dan boleh mengambil hadiah dari keduanya. Lomba membidik itu sah dengan panah. Begitu pula tombak pendek, tombak, melempar dengan batu, manjaniq (alat perang pelempar batu zaman kuno), dan semua yang bermanfaat dalam peperangan menurut madzhab Syafi’iyah.”

Baca Juga: Win Rate Tinggi, 4 Hero Hybrid ini Lagi OP di Mobile Legends 2023

Namun, jika permainan ini dilakukan secara berlebihan dan berdampak negatif pada diri sendiri atau orang lain, maka hukumnya bisa menjadi haram.

Sumber: HiTekno.com (portal Suara.com) | Akurat.co

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT