Sukabumi Update

10 Tips Tetap Produktif Saat Puasa Ramadan, Tak Ada Alasan Bermalas-malasan

Ilustrasi. Tetap Produktif saat Puasa Ramadan memang sulit dilakukan karenannya memerlukan beberapa tips untuk melakukannya | Foto: Pixabay/antonika

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari, di bulan istimewa tersebut semua umat Muslim di seluruh Dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Puasa Ramadan sendiri menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang telah akil baligh serta sehat secara jasmani dan rohani.

Saat menjalankan ibadah puasa, kita akan diharuskan untuk menahan makan, minum dari mulai imsak hingga terbenamnya matahari serta mengendalikan hawa nafsu.

Baca Juga: Keramas Sebelum Ramadan: Bacaan Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Lengkap

Banyak orang yang membatasi aktivitasnya di bulan Ramadan lantaran beralasan sedang menjalankan puasa. Tapi sebenarnya puasa bukanlah alasan untuk berhenti beraktivitas dan bermalas-malasan.

Saat puasa, kita harus tetap semangat beraktivitas seperti melakukan pekerjaan, belajar serta hal-hal lainnya.

Untuk itu, mengetahui tips agar tetap produktif meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan
Berikut beberapa tips agar tetap produktif saat puasa Ramadan yang dikutip dari Akurat.co merujuk beberapa sumber, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: 60 Ucapan Ramadan 2023, Penuh Makna untuk Diposting ke Media Sosial

1.Tidur yang teratur

Tips agar tetap produktif saat puasa Ramadan yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kamu mendapatkan cukup waktu tidur setiap malam untuk memulai hari yang produktif.

Karena faktanya tidur yang cukup mampu mengembalikan energi yang telah kamu keluarkan selama beraktivitas seharian, sehingga penting untukmu tidur cukup untuk mendapatkan energi baru yang penuh pada hari selanjutnya.

2. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang seperti sayuran, buah-buahan, protein dan karbohidrat untuk membantu menjaga stamina dan energi selama kamu berpuasa. Makan makanan yang bergizi bisa membuat kamu lebih memiliki energi untuk tetap beraktivitas.

Baca Juga: Bareng Fathir Ngobrol Munggahan, Pantai Cimaja dan Surfing di Sukabumi

3. Cukupi asupan cairan

Tips agar tetap produktif saat puasa ramadan selanjutnya adalah dengan rajin minum cukup air saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Karena salah satu penghambat semangat puasa adalah tubuh yang merasa dehidrasi sehingga merasa sangat lelah.

4. Membuat jadwal harian

Membuat jadwal harian yang teratur dan berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan juga merupakan salah satu tips agar tetap produktif saat puasa. Karena catatan apa saja yang harus kamu kerjakan di hari itu dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad Ungkap Golongan Orang Celaka di Bulan Ramadan

5. Hindari dulu aktivitas yang melelahkan

Tips agar tetap produktif saat puasa ramadan selanjutnya adalah dengan menghindari melakukan aktivitas fisik yang melelahkan pada siang hari selama berpuasa, terutama di siang hari yang panas.

6. Sempatkan istirahat

Selain itu, kamu juga perlu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup selama hari untuk menghindari kelelahan dan dehidrasi.

Baca Juga: Qadha Puasa Digantikan oleh Orang Lain, Apakah Boleh? Ini Jawabannya

7. Berolahraga pada waktu yang tepat

Jika kamu ingin berolahraga lakukan pada waktu yang tepat yaitu saat berbuka puasa atau menjelang sahur. Olahraga di waktu yang tepat saat puasa juga menjadi salah satu tips agar tetap produktif saat puasa Ramadan

8. Mengatur prioritas

Selanjutnya, prioritaskan tugas-tugas yang paling penting dan mendesak agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan efektif.

Baca Juga: Ngabuburit Main Mobile Legends saat Puasa Apakah Haram? Ini Penjelasannya

9. Menjaga fokus dan konsentrasi

Menghindari gangguan seperti gadget dan media sosial dapat membantu kamu tetap fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

10. Memperluas pengetahuan dan keahlian

Memanfaatkan waktu luang selama Ramadan untuk memperluas pengetahuan dan keahlian melalui membaca buku, menonton video tutorial atau mengikuti pelatihan online.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT