Sukabumi Update

6 Tips Persiapan Puasa Ramadan di Hari Pertama Agar Ibadah Lancar

Ilustrasi. Ada beberapa persiapan puasa Ramadan yang bisa dilakukan di hari pertama | Foto: Pixabay/sahinsezerdincer

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan sudah di depan mata, di bulan istimewa itu seluruh umat Muslim di Dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan yang menjadi ibadah wajib dan termasuk rukun Islam. Saat berpuasa kita diwajibkan untuk menahan hawa nafsu atau syahwat baik itu syahwat perut maupun syahwat kemaluan.

Namun, masih banyak orang yang merasa berat saat menjalankan ibadah puasa terutama di hari pertama Ramadan. Untuk itu, beberapa tips persiapan puasa Ramadan di hari pertama berikut bisa diterapkan agar lancar dalam menjalankan ibadah.

Melansir dari Tempo.co, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, M. Febriyanto Firman Wijaya, membagikan beberapa tips yang perlu disiapkan saat puasa hari pertama di bulan Ramadan.

Baca Juga: Batal atau Lanjut? Begini Hukum Mimpi Basah saat Puasa di Bulan Ramadan

1. Memantapkan niat puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh nikmat dan berkah, oleh karena itu perlu memantapkan niat agar menjalankan puasa dengan ikhlas.

2. Mengatur pola tidur

Meski akan mengubah kebiasaan di bulan-bulan sebelumnya, Firman mengatakan seseorang perlu memiliki waktu tidur yang cukup selama Ramadan, setidaknya 8 jam. Hal itu, kata dia, akan membantu tubuh dalam mengatur hormon yang akan membuat lebih mudah menjalani puasa.

Baca Juga: Bagaimana Jika Keluar Sperma Setelah Fajar, Apakah Masih Sah Berpuasa?

“Sempatkan tidur siang, hal ini menjadi salah satu yang membantu dalam menjaga stabilitas diri di tengah kesibukan bekerja saat puasa. Oleh karena itu dengan pola tidur yang baik akan membantu diri bangun tepat waktu saat sahur,” kata Riyan dilansir dari laman UM Surabaya pada Selasa, 21 Maret 2023.

3. Mengontrol waktu dan menu makanan

Untuk bisa bertahan di hari pertama puasa salah satunya juga mengontrol makan di hari sebelumnya. Kurangi makanan cepat saji atau makanan olahan, karena energi di dalamnya hanya ada dalam waktu singkat sehingga seseorang akan cepat merasa lesu.

“Untuk minuman jauhilah yang mengandung kafein, soda, dan teh. Karena dari kandungan minuman itu tubuh akan mudah mengalami dehidrasi,” katanya.

Baca Juga: 5 Ide Menu Buka Puasa Ramadan untuk Anak, Sederhana dan Praktis

4. Perbanyak makanan dan minuman yang bergizi tinggi

Salah satu makanan yang baik dan dianjurkan Nabi Muhammad SAW adalah kurma. "Hal ini seperti hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering)," ujarnya.

5. Jadwalkan kegiatan harian

Salah satu cara terbaik dan tepat dalam melewati puasa adalah menyibukkan diri dengan mengalihkan perhatian dan pikiran dari rasa lapar. Mengalihkan perhatian bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan ringan yang terjadwal selain pekerjaan wajib.

“Seperti contoh mengikuti kajian keagamaan di Youtube, bersilaturahmi dengan teman, dan kegiatan lainnya,”katanya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Minuman Segar untuk Takjil Buka Puasa, Nikmatnya Es Pisang Ijo!

6. Perbanyak amalan sunnah

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh hikmah dan pahala. Maka, siapkan diri untuk memperbanyak amalan sunnah, seperti perbanyak mengaji, bersedekah, perbanyak berdoa, dan mengurangi perkataan kasar.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT