Sukabumi Update

Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya

Ilustrasi. Berikut niat sholat Tahajud yang harus diketahui ketika akan melaksanakan sholat sunnah tersebut | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Niat sholat Tahajud sebenarnya cukup mudah, namun masih banyak yang belum mengetahuinya mengingat sholat sunnah satu ini cukup jarang dilakukan banyak orang karena dilakukan di waktu sepertiga malam.

Nah, bulan Ramadan menjadi waktu yang pas untuk melaksanakan sholat Tahajud karena setiap muslim akan bangun di sepertiga malam untuk melakukan makan sahur, sehingga bisa sekalian menunaikan sholat Tahajud.

Banyak Muslim memilih untuk melakukan sholat Tahajud selama sepuluh malam terakhir Ramadhan, yang dianggap sebagai waktu yang diberkati untuk sholat dan ibadah. Namun, sholat Tahajud dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur dan Shalat Shubuh

Sholat Tahajud sendiri merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dalam agama Islam karena memiliki banyak keutamaan seperti lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT, meningkatkan ketakwaan dan sebagainya.

Melansir dari Akurat.co, diketahui hanya sholat sunah Tahajud yang disebutkan perintahnya di dalam Al-Qur'an.

Disebutkan di dalam QS. Al- Isra ayat 79, Allah SWT berfirman sebagai berikut;

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا - ٧٩

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Baca Juga: Niat Shalat Tarawih Lengkap Untuk Imam, Makmum dan Infirad

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla.

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Adapun terkait dengan tatacara melakukan sholat Tahajud adalah sama sebagaimana ketika kita melakukan sholat Fardhu lima waktu itu. Banyaknya sholat Tahajud adalah 12 Rakaat sedangkan paling sedikitnya adalah dua Rakaat.

Baca Juga: Sering Jadi Takjil Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan

Adapun waktu yang baik untuk melakukan sholat Tahajud adalah sepertiga malam, atau kira-kira jam 03.00. Pada waktu itu juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT