Sukabumi Update

5 Tips Olahraga Selama Puasa Ramadan Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Ilustrasi. L5 Tips Olahraga Selama Puasa Ramadan Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat. (Sumber : Freepik)
SUKABUMIUPDATE.com - Siapa bilang puasa Ramadan bisa menjadi penghalang untuk olahraga? Olahraga tetap bisa dilakukan sekalipun kita sedang melaksanakan ibadah puasa.
 
Ya meskipun kondisi tubuh kita tidak sama seperti hari biasanya, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar olahraga tidak mengganggu ibadah puasa Ramadan. Selama puasa, tubuh kita akan menahan makan dan minum selama 13 jam lamanya.
 
Nah, sebab hal itu kebanyakan orang enggan melakukan olahraga karena merasa takut lemas dan dehidrasi yang bisa membatalkan puasa. Akan tetapi, melakukan olahraga saat puasa Ramadan adalah sugesti yang menghantui di fikiran orang-orang.

Baca Juga: 5 Ide Menu Buka Puasa Ramadan untuk Anak, Sederhana dan Praktis

 
Padahal, olahraga di bulan Ramadan jika dilakukan dengan cara tepat, bisa membuat tubuh makin kuat dan sehat dalam menjalani ibadah puasa Ramadan.
 
Berikut ada lima tips dan trik olahraga saat puasa Ramadan menurut Certified Fitness Coach Adianti Reksoprodjo yang dikutip via Suara.com, antara lain:
 
1. Tetap Rutin Olahraga
 
Alasan Anda harus tetap olahraga selama berpuasa adalah menjaga progresivitas olahraga sebelumnya.

Baca Juga: Menu Takjil Buka Puasa Ramadan: Resep Es Teler Segar dan Nikmat

"Saat berpuasa misalnya 1 bulan saja (dan tidak olahraga), kamu akan kehilangan progress latihan yg sudah di lakukan selama 3 bulan berturut-turut," kata Adianti.
 
2. Perhatikan Waktu Olahraga
 
Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada jam-jam dekat waktu makan. Hal ini dilakukan untuk segera mendapat asupan energi kembali.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Resep Omelet Sehat dan Praktis, Cocok untuk Menu Sahur

 
Anda disarankan untuk berolahraga menjelang buka puasa, usai shalat tarawih dan menjelang sahur. Durasinya adalah 30 hingga 60 menit menjelang waktu makan.
 
3. Jenis Olahraga
 
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jenis olahraga. Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya. Namun Anda perlu mengurangi intensitasnya sekitar 40 hingga 50 persen dari biasanya.
 
4. Tidur Cukup
 
Tips terakhir ini sangat penting, Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Apabila waktu tidur tidak tepat akan memengaruhi kinerja tubuh.

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa Ramadan Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

 
5. Asupan harus diperhatikan
 
Berolahraga saat berpuasa, maka Anda juga perlu perhatikan asupan yang Anda konsumsi. Anda juga memerlukan cairan dan nutrisi yang cukup dan seimbang. 

Baca Juga: 4 Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Bulan Ramadan, Waktu Mustajab untuk Berdoa

 
Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT